Wow, semua desa di Pariaman berstatus hijau penyebaran COVID-19

id berita pariaman,berita sumbar,covid

Wow, semua desa di Pariaman berstatus hijau penyebaran COVID-19

Salah seorang warga Pariaman, Sumbar menerima vaksin COVID-19. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Pariaman (ANTARA) - Semua desa dan kelurahan di Kota Pariaman, Sumbas, yang berjumlah 71 telah berstatus hijau dari penyebaran COVID-19, namun warga tetap diminta menerapkan protokol kesehatan dan ikut vaksinasi.

"Sekarang sudah tidak ada kasus positif COVID-19 di Kota Pariaman, namun warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi agar tidak terjadi gelombang ketiga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota PariamanNazifah di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan meskipun seluruh desa dan kelurahan di Pariaman telah berstatus hijau, namun status penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) daerah itu masih di Level2 karena capaian vaksinasi yang masih rendah.

Ia menyebutkan hingga Senin (15/11) capaian vaksinasi di Kota Pariaman baru 32.004 orang atau 42,88 persen dari target dengan capaian terendah berasal dari lansia dan masyarakat umum.

Ia menyampaikan vaksinasi merupakan cara untuk membentuk kekebalan kelompok guna melawan pandemi COVID-19, sehingga kehidupan dapat kembali normal.

"Kalau pandemi berakhir, maka ekonomi dapat pulih kembali. Sekarang kegiatan dan membuat acara sudah diperbolehkan, tapi harus taat protokol kesehatan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya menargetkan akhir bulan November 2021 ini realisasi vaksinasi di Kota Pariaman bisa mencapai 50 persen dan pada akhir 2021 bisa mencapai 70 persen.

Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman membuat program seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu membawa minimal lima sasaran untuk divaksinasi.

"Besok kami melaksanakan vaksinasi massal di Kantor Wali Kota Pariaman. Jika vaksinasi massal sebelumnya kami targetkan ASN membawa satu sasaran, sekarang lima sasaran," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga dibantu oleh personel TNI dan Polri yang juga aktif mengajak warga untuk datang ke lokasi vaksinasi.

Bahkan, kata dia, Pemkot Pariaman beserta TNI dan Polri menyediakan bus untuk mengantar dan menjemput peserta vaksinasi guna mempermudah mobilitas warga untuk datang ke lokasi vaksinasi.

Ia menyampaikan saat ini kesadaran warga Kota Pariaman untuk divaksinasi sudah mulai meningkat, tinggal memberikan dorongan agar mau datang ke lokasi vaksinasi.