Hari Jadi Kampar Dimeriahkan Serangkaian Kegiatan

id hari jadi, kampar dimeriahkan, serangkaian kegiatan

Bangkinang, (antarariau.com) - Hari Jadi Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ke 63 dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan dengan acara puncak digelar pada Rabu (6/2).

Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan pertandingan olahraga berupa kejuaraan Badmintan Bupati Cup II yang dipusatkan di GOR Ranggon Muara Uwai, kejuaraan volley ball Bupati Cup II yang dipusatkan di lapangan Golkar dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar dan kejuaraan sepak bola Bupati Cup yang pertandingannya dipusatkan di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang. Kegiatan pertandingan tiga cabang olahraga tersebut digelar dari 28 Januari 2013 hingga 5 Februari 2013.

Selanjutnya pada Kamis (31/1) digelar kegiatan lomba masak antar Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Kampar yang dilanjutkan pula dengan kegiatan pameran berupa stand pameran pertanian dan kerajinan tangan rakyat yang acaranya dipusatkan di Lapangan Pelajar Bangkinang.

Pada 1 Februari 2013 digelar acara shalat subuh berjamaah dan gotong royong yang dipusatkan di dalam Kota Bangkinang. Kegiatan yang melibatkan segenap lapisan masyarakat juga digelar berupa kegiatan bakti sosial dan donor darah serta pengobatan gratis yang diadakan di Lipat Kain pada Sabtu (19/1), Pertapahan (22/1), Batu Bersurat (23/1) dan di Pasar Kampar (27/1).

Pada 2 Februari 2013 digelar kegiatan jalan sehat sekaligus jalan santai bersama yang acaranya dipusatkan di lapangan Pelajar Bangkinang. Selanjutnya pada hari yang sama juga digelar kegiatan pembuatan makanan tradisional untuk pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) berupa pembuatan makanan tradisi khas Kampar berupa kue Pelito Daun terbanyak yang jumlahnya sebanyak 621.363 buah yang acaranya dipusatkan di sepanjang Jalan A. Yani Bangkinang yang diakhiri dengan kegiatan gelar makanan gratis.

Selanjutnya pada 3-5 Februari 2013 dari pukul 19.30 WIB sampai pukul 22.30 WIB digelar kegiatan pentas rakyat dipusatkan di Lapangan Pelajar Bangkinang.

Puncak peringatan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kampar tahun 2013 pada 6 Februari 2013 digelar kegiatan upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar yang acaranya dipusatkan di Lapangan upacara kantor Bupati Kampar selanjutnya dilakukan sidang paripurna DPRD Kampar bersempena Hari Jadi Kampar yang acaranya dipusatkan di Gedung DPRD Kampar. Acara juga dilanjutkan dengan kegiatan makan bajambau yang dipusatkan di Balai Adat Kabupaten Kampar.

Selanjutnya pada malam hari 6 Februari 2013, tepatnya pukul 20.00 WIB digelar acara ceramah dan hiburan Islami dengan menghadirkan ustadz Jefri Albuchori dan Opick. Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kampar tahun 2013 juga masih berlanjut pada minggu kedua bulan Februari 2013 dengan kegiatan acara turnamen golf Bupati Kampar Cup II di lapangan golf Labersa Siak Hulu.

Demikian diungkapkan Ketua panitia pelaksana Hari Jadi ke-63 Kabupaten Kampar tahun 2013, H. Nukman Hakim, SH didampingi Kabag Humas Setda Kampar, H. Hamdani.

Bupati menurut Nukman meminta seluruh lapisan masyarakat memasang umbul-umbul dan baliho mulai 17 Januari 2013 sampai dengan 10 Februari 2013 dilingkungan kantor/unit kerja dan Ruko dan rumah-rumah penduduk di Kota Bangkinang dan sekitarnya.

Khusus kepada para Camat se-Kabupaten Kampar Bupati juga menghimbau agar memasang umbul dan baliho di tempat tinggal, Ruko dan pasar baik di Ibukota Kecamatan maupun Desa/Kelurahan terutama untuk kecamatan yang wilayahnya dilewati oleh jalan Negara dan kecamatan yang wilayahnya diperbatasan Kabupaten/Kota.