Melihat Ketua Komisi II DPRD Inhu bermasyarakat

id Ketua DPC PKB INHU,dodi irawan,pkb inhu

Melihat Ketua Komisi II DPRD Inhu bermasyarakat

Dodi Irawan. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Ketua Komis II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KabupatenIndragiri HuluDodi Irawan mengunjungi masyarakat dan menjemput aspirasi sebagai bentuk kepedulian dalam membantu meningkatkan ekonomi warga.

Kunjungannya juga mewakili Ketua Fraksi PKB DPRD Inhu. Dia menyebutkan, jika sering bertemu dengan masyarakat dan berdialog langsung akan banyak mendapatkan aspirasi penting. Selain itu, hal ini adalah sebagai wujud silaturahmi.

"Masyarakat perlu perhatian, usulan untuk berbagai program didapat melalui dialog langsung," katanya dalam kunjungan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sebagaimana amanah rakyat, anggota dewan terpilih yang telah mendapatkan dukungan dari lapisan masyarakat tidak boleh berdiam diri. Sebagai bukti kinerja, harus selalu turun langsung ke tengah masyarakat, peduli dengan kondisi warga.

Dodi Irawan saat mendatangi TPQMukminun. (ANTARA/dok)


Dengan demikian, keluhan dan harapan masyarakat dapat ditampung dengan baik, lalu direalisasikan sehingga masyarakat percaya dan tidak kecewa dengan pilihannya selama ini. "Masih banyak usulan dari bawah perlu diperjuangkan," sebutnya.

Usulan dan aspirasi itu, bisa saja datang tiba-tiba karena situasi daerah masing-masing. Sebagai anggota DPRD, haruslah maksimal memperjuangkan semua itu, mengusulkan kepada instansi terkait sesuai dengan aspirasi mereka.

Seperti yang dilakukan Dodi Irawan dari Fraksi PKB pada, 30 September 2021 itu, dialog dengan sejumlah warga justru mendapatkan titik temu persoalan yang sedang dihadapi oleh mereka. Seperti TPQ Al Mukminunyang perlu mendapatkan perhatian pemerintah maupun pihak lainnya.

Dodi Irawan saatsambangi warga. (ANTARA/dok)


Seperti perbaikan fasilitas pendukung pendidikan, peningkatan jalan dan sarana lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat dan pengelola.

Karena, jika TPQ ini berjalan optimal, masyarakat dapat memanfaatkan untuk pendidikan agama bagi anak anak mereka. Tenaga pengajar pun harus mendapat perhatian, misalnya kesejahteraan, fasilitas pendukung agar lebih optimal proses pembelajaran.

"Mari kita wujudnya masyarakat yang beriman dan bertakwa," pintanya.

Perbaiki jalan 3 kilometer

Dodi Irawanjuga mengatakan masyarakat membutuhkan perbaikan jalan sepanjang 3 kilometer, agar ekonomi semakin membaik, serta memudahkandistribusi hasil pertanian.

Oleh karena itu, dirinya langsung turun membantu, menyambut aspirasi dan memberikan bantuan, agar distribusi hasil pertanian, sembako untuk kebutuhan sehari-hari agar kegiatan perekonomian berjalan lancar.

Proses perbaikan jalan di Batu Rijal. (ANTARA/dok)


"Saya bantu, karena masyarakat harus lebih sejahtera ke depannya," katanya.

Karena, telah mendapatkan amanah dan berhasil meraih dukungan hingga terpilih menjadi anggota legislatif Indragiri Hulu. Empati dan perhatian harus dioptimalkan kepada masyarakat.

Perbaikan jalan kabupaten yang berlubang sepanjang 30 meter, di lokasi letter U Desa Batu Rijal Hulu. Dan, kegiatan pembersihan bahu jalan kiri kanan sepanjang 3 kilometer dari simpang SMP Batu Rijal menuju SMA Batu Rijal, Selasa (19/10).

"Diperkirakan selama 5 hari kerja, alat berat pun di turunkan agar pekerjaan lebih maksimal," ujarnya.

Sedangkan, untuk Rabu (20/10), ada kegiatan pembuatan jalan menuju makam Tebat dan pembersihan lapangan sepakbola di Desa Batu Rijal Barat.

Untuk anggaran, Ketua DPC PKB Inhuini harus mengeluarkan dana pribadi agar semuanya tuntas dan tidak menunggu. Dengan selesainya kegiatan itu, tentunya masyarakat merasa bangga dan memberikan apresiasi tinggi sebab harapan telah dipenuhi.

Namun, semuanya berawal dari perhatian, setelah itu aspirasi masyarakat dilanjutkan untuk diperjuangkan ke Pemerintah Indragiri Hulu, juga Pemerintah Provinsi Riau.

Lebih merakyat

Nama Dodi Irawan, bukan asing di mata masyarakat Indragiri Hulu. Selain orangnya ramah juga sangat peduli dengan kondisi masyarakat. Terutama di Daerah Pilihan (Dapil) sehingga berhasil duduk di DPRDKabupaten Indragiri Hulu.

Yang menarik adalah selalu berpantun, puisi setiap ada kegiatan formalnya, pada acara acara tertentu. Kalimat-kalimat puisinya yang memukau pendengar.

Sepak terjangnya yang sering membuat banyak orang kagum karena, selain tegas juga selalu turun menyambangi masyarakat, bukan saja di Peranap, Kelayang juga di sejumlah wilayah Inhu.

"Ini karena saya bertekad untuk membangun daerah dan ikut membantu kesejahteraan mereka," ujar Dodi Irawan.

Kepedulian itu, bukan saja saat terpilih menjadi Ketua DPC PKB Inhu, tetapi masa sebelum terpilih menjadi anggota legislatif.

Oleh karena itu, perjuangan berbuah hasil, hingga setakat ini, setiap ada aspirasi masyarakat, langsung disampaikan kepada dirinya. Banyak yang sudah diperbuat misalnya, kepedulian dengan peningkatan jalan, usaha ekonomi masyarakat dan juga fasilitas bangunan untuk kepentingan umum.

Namun demikian, disadari bahwa, semua itu tidaklah bisa berjalan sendiri, harus ada koordinasi dan kerjasama semua pihak terkait.

Legislatif, eksekutif dan masyarakat harus bersatu agar semua program kesejahteraan berjalan optimal dan berjalan maksimal. "Saya peduli dan empati terhadap masyarakat," ujarnya.

Sejumlah kegiatan dilakukan, seperti membersihkan jalan belakang SMPN 2 Batughijal menuju SMAN 2 Batughijal. Meninjau pembuatan jalan baru dari jalan Tanjung Baru menuju lapangan bola kaki dan meninjau Jalan Produksi Alur Panjang Telang dalam proses penimbunan 1 KM.

Vaksinasi COVID-19 oleh DPC PKB Inhubeberapa hari lalu. (ANTARA/dok)


Dodi Irawan juga meninjau kegiatan peningkatan Jalan Tanjung Baru, Batu Rijal senilai Rp1,250 m dari APBD II Inhu tahun 2021 berhasil dibawa ke Peranap, membuat masyarakat bangga.

Semua yang berdampak positif dan mendukung proses peningkatan kesejahteraan masyarakat akan menjadi perhatian bersama karena ini adalah dalam rangka memajukan daerah bukan saja di pusat perkotaan tetapi juga di pedesaan.

Hal menarik lagi, Dodi Irawan berhasil menggandeng anggota DPR RI Abdul Wahid, DPRD Riau Ade Agus Hartanto turun langsung ke Inhu dalam kegiatan pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat.

"Ada 1.000 dosis untuk itu," sebutnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Aspirasi PKB di Jalan Lintas Timur Pematang Reba, Minggu lalu, ramai dikunjungi masyarakat. (AdvetorialDPRD Inhu)