75 Ribu Benih Baung Ditebar Di Danau Inhu

id 75 ribu, benih baung, ditebar di, danau inhu

Rengat, (antarariau.com)- Aparat Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Riau bersama aparat Pemkab Indragiri Hulu melakukan penebaran benih ikan baung sebanyak 75 ribu ekor di Danau Kuantan Tonang, Kecamatan Kelayang dalam meningkatkan produksi nelayan setempat.

"Kita ingin nantinya Danau Kuantan Tonang dapat dijadikan kawasan sentra perikanan air tawar melalui penebaran bibit dan diharapkan masyarakat memelihara dengan tidak melakukan penangkapan ikan kecil-kecil," kata Kepala Disnakkan Pemkab Inhu Drh Asep Sumantri didampingi UPT Disnakkan Kecamatan Peranap Hardiman di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan Danau kuantan Tonang sebagai aset daerah Indragiri Hulu belum tergarap dengan baik, sementara danau tersebut memiliki nilai strategis yang tinggi untuk diberdayakan sebagai perikanan air tawar.

"Untuk itu melalui Disnakkan mencoba memanfaatkan danau dengan beternak ikan baung, 75 ribu ekor disebarkan didanau dengan harapan dapat dimanfaatkan oleh warga setempat kedepannya,"katanya.

Dikatakan sesuai masa pertumbuhan bibit ikan jenis baung itu, dalam waktu enam bulan mendatang sudah dapat dipanen warga, ikan itupun untuk menambah pendapatan keluarga dan pendapat masyarakat jika sama-sama diklola dengan baik.

Pengelolannya antara lain dengan menjaga dari praktek penangkapan tidak benar seperti mengambil ikan dengan cara disentrum atau toba serta menangkap anak ikan. Jika hal ini dilakukan maka program pemerintah akan berhasil dengan baik dan populasinya dapat dinikmati warga dalam waktu yang lama.

Program kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah ini bukan saja untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Inhu, tetapi juga memberikan pelajaran agar masyarakat kedepannya bisa mandiri, berusaha dengan baik terutama beternak ikan baung.

Karena melalui program ini diharapkan akan dapat menutupi kebutuhan keluarga sehari-hari terutama konsumsi ikan, namun lebih dari itu dapat membantu meningkatkan perekonomian warga.

"Kalau selama ini kebutuhan masyarakat hanya tergantung dengan penghasilan pertanian, dengan adanya perikanan air tawar ekonomi warga akan semakin membaik," ujarnya.

Pihak Disnakkan Pemkab Inhu berharap perikanan air tawar ini dapat dijaga dan dipelihara dengan baik oleh semua warga, sehingga dapat menghasilkan ikan yang sehat kedepannya, semua kegiatan itu dilaksanakan untuk membantu ekonomi masyarakat sebagai salah satu tujuan ekonomi kerakyatan.

"Kita juga akan mengembangkan pola ini di danau lain bila uji coba berhasil baik," ujarnya.

(Asri)