50 atlet Bengkalis wakili Riau di PON Papua

id Koni Bengkalis,pon papua 2020, pon papua

50 atlet Bengkalis wakili Riau di PON Papua

Sekdakab Bengkalis Bustami HY bersama Sekretaris KONI Provinsi Riau Deni Ermanto dan Ketua KONI Bnegkalis Dharma Firdaus beserta jajaran menggelar Rapat Kerja KONI Bengkalis Tahu 2021 yang digelar secara virtua, Senin (26/7). (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dari total 176 atlet yang dikirim Riau pada Pekan Olah Raga NAsional (PON) di Papua, 50 atlet berasal dari Kabupaten Bengkalis yang akan berlaga di sejumlah cabang yang dipertandingkan nantinya.

“Beberapa cabang olahraga Bengkalis memang menjadi gudangnya, seperti anggar yang pada PON di Jawa Barat beberapa tahun lalu atlet dari Bengkalis berhasil meraih emas. Dan kini cabang anggar di Bengkalis ini menjadi salah satu tolok ukur kesuksesan pembinaan dan prestasi secara nasional," kata Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau, Deni Ermanto, pada Rapat Kerja KONI Bengkalis Tahu 2021 yang digelar secara virtual, Senin (26/7).

Selain PON yang akan digelar pada bulan Oktober 2021, pada tahun 2022 mendatang juga akan dihelat Pekan Olahraga Provinsi Riau di Kuansing. Sebagai pemegang juara umum dua kali berturut-turut, Bengkalis memiliki kerja atau beban cukup berat.

"Dengan pola latihan dan pembinaan yang tepat, bukan mustahil bagi Bengkalis untuk kembali meraih dan mempertahankan gelar juara umum," sebut Deni lagi.

Apalagi, jumlah cabang olahraga yang bernaung di bawah KONI Kabupaten Bengkalis cukup banyak sehingga kontingen Bengkalis bisa tampil di semua cabangyang dipertandingkan.

"Salah satu strategi untuk bisa bertanding dan menang dalam setia gelaran multi iven adalah mengikuti semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Bengkalis memiliki modal itu, karena sangat banyak cabang yang bernaung di bawah KONI Kabupaten Bengkalis. Terbukti saat Porprov di Kampar, Bengkalis tampil di 23 cabang yang dipertandingkan," sebut Deni.

Di kesempatan yang sama,SekdakabBengkalis BustamiHY menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan atlet-atlet menjadi bagian kontingen Riau saat PON di Papua.

“Dari total 176 atlet Riau, 50 atlet berasal dari Bengkalis, artinya atlet kita mendominasi dibanding daerah lain sekitar 35 persen. Semua ini tentunya tidak terlepas dari kita semua terutama para atlet, dan sangat-sangat membanggakan Kabupaten Bengkalis," sebut Sekda.

Terkait diundurnya Porprov Kuansing hingga tahun depan, Sekda berharap kondisi tersebut harus disikapi positif oleh KONI dan Pengurus cabang yang ada di Bengkalis. "Jeda waktu yang panjang ini mari kita jadikan kesempatan untuk terus meningkatkan latihan serta evaluasi bersama untuk tetap mempertahankan juara umum," pesannya.

Baca juga: Kampar juara umum seleksi Pekan Paralympic Nasional Papua

Baca juga: Ikuti Selekda NPC Riau dengan biaya sendiri, 3 atlet Meranti sabet 4 medali