Angka pengangguran di Riau meningkat di tengah "badai" COVID-19

id DPRD Riau,pengangguran riau,pengangguran

Angka pengangguran di Riau meningkat di tengah "badai" COVID-19

Ketua Komisi V DPRD Riau Eddy A Mohd Yatim. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi V DPRD Riau Eddy M Yatim menyoroti angka pengangguran terbuka di Provinsi Riau terus mengalami peningkatan di tengah badai kasus terkonfirmasi COVID-19, yakni mencapai lebih 500 ribu pada tahun ini.

"Meningkatnya angka pengangguran di Riau menjadi beban pikiran kita saat ini, apalagi di tengah pandemi. Saya belum melihat gambaran yang jelas bagaimana memperkecil angka pengangguran ini," ucap Eddy M Yatim di Pekanbaru, Kamis.

Politisi Partai Demokrat Riau ini mengatakan, kondisi ini tentu berbeda dengan keadaan normal. Dimana salah satu cara untuk menekan angka pengangguran dengan memperluas lapangan pekerjaan. Untuk itu, harus diupayakan bagaimana skema yang tepat agar angka pengangguran di Riau bisa diperkecil.

"Solusinya itu dibuka peluang kerja. Nah dengan kondisi sekarang tentu tidak memungkinkan. Itu yang coba kita pikirkan bagaimana caranya," ucap dia.

Lonjakan kasus COVID-19 mengharuskan sejumlah daerah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Hal ini tentu berdampak terhadap ketidakpastian ekonomi dan berpotensi menciptakan tingginya angka pengangguran.

Untuk Provinsi Riau sendiri, seperti Kota Pekanbaru sudah bersiap menerapkan kebijakan PPKM darurat jika mendapat instruksi dari Pemerintah Pusat. Meski sebelumnya Pemkot Pekanbaru telah memperpanjang pengetatan PPKM berskala mikro namun kebijakan ini ternyata belum mampu membendung kasus harian warga yang terinfeksi COVID-19.

Dampak dari kebijakan ini banyak pelaku usaha mengalami kemerosotan omzet. Tak sebatas itu, bahkan pekerja terancam kehilangan pekerjaannya. Hal ini diharapkan mendapat perhatian khusus dari pemerintah agar dicarikan solusinya.

Baca juga: Pemko Pekanbaru buka lowongan kerja untuk ratusan tenaga penanganan COVID-19. Ini syaratnya

Baca juga: Pekanbaru Job Fair resmi dibuka tersedia 1.678 lowongan kerja