Masjid Darul Abrar DPRD Riau sembelih 20 sapi

id Dprd riau, idul adha

Masjid Darul Abrar DPRD Riau sembelih 20 sapi

Proses penyembelihan kurban di masjid di lingkungan DPRD Provinsi Riau. (ANTARA/HO-DPRD Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Masjid Darul Abrar DPRD Riau melakukan pemotongan hewan kurban pada Rabu (21/7), satu hari setelah Hari Raya Idul Adha. Ada sekitar 20 ekor sapi yang akan disembelih.

Ketua Masjid Darul Abrar DPRD Riau Sugeng Pranoto di Pekanbaru, Senin, mengatakan pihaknya akan membagikan 1.000 paket daging kurban kepada masyarakat sekitar lingkungan DPRD Riau dan juga diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu, panti asuhan dan orang-orang yang berhak menerimanya.

"Ada 20 ekor sapi yang dikurbankan, ini merupakan sumbangan dari Anggota DPRD Riau, teman-teman Sekretariat Dewan dan perusahaan. Sebanyak 1.000 paket daging," ucap Sugeng.

Dalam pelaksanaannya, untuk menghindari kerumunan masyarakat saat pelaksanaan kurban. Pihaknya mewajibkan agar panitia memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai alat pemotongan yang higienis serta mengatur pembagian paket daging kurban agar masyarakat yang menerima tertib dan menjaga jarak.

"Prokes ini yang paling penting. Kita akan atur sedemikian rupa agar tidak terjadi kerumunan," ucap Sugeng.

Sugeng menambahkan bahwa sesuai dengan instruksi pemerintah untuk meminimalisir risiko terpaparnya COVID-19, meminta agar masyarakat melaksanakan Salat Idul Adha di rumah. Menyikapi itu, Masjid Darul Abrar DPRD Riau tahun ini meniadakan pelaksanaan Salat Idul Adha.

"Sesuai arahan pemerintah, kita tidak laksanakan Salat Id Adha di lingkungan Masjid Darul Abrar DPRD Riau. Kita hindari sebisa mungkin kerumunan. Selain penyembelihan tidak ada kegiatan lain yang dilakukan," ucapnya. (ADV)