Ditanya lapangan pekerjaan oleh mahasiswa, ini jawaban Bupati Siak

id Mahasiswa siak, bupati siak, berita siak

Ditanya lapangan pekerjaan oleh mahasiswa, ini jawaban Bupati Siak

Ikatan Mahasiswa Siak-bemgkalis usai beraudiensi dengan Bupati Siak, Alfedri.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri menerima silaturrahmi Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Siak - Bengkalis (IPMKS-B) yang menyampaikan keluhan dan masukan berkaitan dengan lapangan pekerjaan.

Menanggapi hal itu, Alfredri mengaku tengah menyiapkan 1000 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan begitu akan terbuka lapangan kerja baru dan juga dapat mengurangi angka kemiskinan.

Pemerintah nantinya akan mengarahkan bagi pelaku UMKM usaha apa yang cocok untuk di kembangkan di kampungnya. Kemudian UMKM diberikan pembinaan dari dinas terkait, hingga berhasil.

"UMKM yang kita bina, akan di latih dan di bina sehingga dari hulu atau produk yang di hasilkan hingga di pasarkan kita bantu," katanya.

Pemkab Siak saat ini lanjutnya juga tengah menyiapkan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang akan menarik investor luar. Banyak rencananya pemodal mau datang dan melihat KITB namun karena pendemi COVID-19 saat ini, rencana kunjungan mereka tertunda.

"Kawasan ini merupakan lapangan kerja baru, dan adik-adik sebagai putra Kabupaten Siak, punya pejuang kerja di sana," pintanya.

Untuk itu ia minta, mahasiswa harus berperan aktif dalam memajukan daerah. Baik pada massa di perkuliahan hingga usai kuliah dengan membuka usaha atau bekerja di perusahaan sesuai disiplin ilmu yang di dapat ketika kuliah.

"Jangan pilih jadi Aparatur Sipil Negara atau honorer karena jumlah yang diterima terbatas. Banyak bidang lain yang menjadi pilihan pekerjaan, apalagi sekarang zamannya daring, bisa buat produk kemudian dipasarkan melalui internet, ini salah satu contoh aja," pesannya.

Baca juga: Wujudkan kabupaten layak anak, Komnas PA Siak audiensi dengan bupati

Baca juga: COVID-19 di Siak melandai sesudah PPKM Mikro