Realisasi APBD Riau masih rendah, hanya 17 persen hingga Juni

id Realisasi APBD,Apbd riau

Realisasi APBD Riau masih rendah, hanya 17 persen hingga Juni

Ilustrasi.

Pekanbaru (ANTARA) - Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau hingga awal Juni tahun 2021 masih tergolong rendah, hanya mencapai 17 persen untuk keuangan dan 23 persen untuk fisik.

"Realisasi APBD Riau hingga Juni ini rendah, tetapi kami optimis sebab masih on progres, karena saat ini Organisasi Perangkat Daerah tengah menggesa kegiatan," kata Kepala Biro Pembangunan Setdaprov Riau, Aryadi di Pekanbaru, Minggu.

Arydi mengatakan, Gubernur Riau telah meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk menyiapkan semua administrasi lelang kegiatan.

"Pak Gubernur sudah meminta kita untuk segera meningkatkan realisasi. Memang kendala kita saat ini kegiatan masih lelang," katanya.

Dikatakan Aryadi, Pemprov optimis jika anggaran untuk kegiatan besar sudah jalan, secara otomatis realisasi APBD akan meningkatkan pada semester II tahun 2021.

"Sekarang kan untuk kegiatan fisik sedang lelang. Kalau sudah jalan, dan uang muka diambil penyedia, maka realisasi bisa cepat," tukasnya.

Perlu diketahui DPRD bersama Pemprov Riau menyepakati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 senilai Rp9,132 triliun yang diprioritaskan untuk program-program menstimulasi pemulihan ekonomi dampak dari pandemi COVID-19.