Dua gol Mane muluskan langkah Liverpool ke Liga Champions

id liga inggris,liverpool,crystal palace,sadio mane,liga champions

Dua gol Mane muluskan langkah Liverpool ke Liga Champions

Penyerang Liverpool Sadio Mane melakukan selebrasi seusai mencetak gol keduanya ke gawang Crystal Palace dalam laga pekan pemungkas Liga Inggris 2020/21 di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (23/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Paul Ellis)

Jakarta (ANTARA) - Gol ganda yang dibukukan Sadio Mane melempangkan langkah Liverpool ke Liga Champions musim depan seusai mereka mengalahkan Crystal Palace 2-0 dalam laga pemungkas Liga Inggris 2020/21 di Stadion Anfield, Minggu.

Liverpool bahkan finis di urutan ketiga klasemen akhir Liga Inggris dengan raihan 69 poin, menyalip Chelsea (67) yang berakhir di peringkat keempat karena kalah di laga lain.

Sedangkan Palace (44) yang menelan kekalahan di dua laga pemungkasnya finis di peringkat ke-14, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kembalinya 10 ribu suporter Liverpool ke Anfield langsung disambut dengan dua penyelamatan gemilang yang dilakukan kiper Alisson Becker atas tembakan Wilfried Zaha dan eksekusi tendangan bebas Andros Townsend.

Ketika perlahan mulai menemukan kembali ritme permainannya, Liverpool mampu membuka keunggulan pada menit ke-36 melalui situasi sepak pojok yang berakhir dengan gol Mane.

Para pemain Palace gagal mengantisipasi sepak pojok kiriman Andy Robertson, bola juga tidak mampu dikendalikan oleh Roberto Firmino, tetapi Mane berada di posisi yang tepat untuk menyonteknya demi memperdaya kiper Vicente Guaita.

Baca juga: Tottenham bantu Chelsea finis di empat besar

Keunggulan bertahan hingga turun minum dan Liverpool memasuki babak kedua dengan bermain sabar. Pada menit ke-53, Nathaniel Phillips yang baru saja mencetak gol debutnya nyaris menggandakan keunggulan Liverpool, sayang kali ini sundulannya bisa ditepis oleh Guaita.

Pada menit ke-74, Mane mencetak gol keduanya untuk menggandakan keunggulan Liverpool, setelah ia berdiri relatif bebas di tepian kotak penalti karena para pemain Palace terpancing pergerakan Mohamed Salah.

Empat menit berselang serangan balik andalan setelah mengantisipasi sepak pojok nyaris menambah keunggulan Liverpool, sayang penyelesaian Salah melenceng dari sasaran.

Lantas dalam lima menit terakhir waktu normal kiper kedua tim sama-sama melakukan penyelamatan gemilang, Guaita atas tembakan Salah dan Alisson mengamankan sundulan Gary Cahill, sehingga skor 2-0 tak berubah hingga bubaran.