Kepatuhan penyampaian SPT Tahunan di Riau meningkat 34,01 persen tahun 2021

id Spt tahunan riau, kanwil djp riau, djp, djp riau

Kepatuhan penyampaian SPT Tahunan di Riau meningkat 34,01 persen tahun 2021

Kanwil DJP Riau menggelar  kegiatan kampanye penyampaian SPT Tahunan bertajuk Spectaxcular pada tahun 2020. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Provinsi Riau menyatakan tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan orang pribadi, mengalami pertumbuhan sebesar 34,01 persen dibandingkan tahun 2020, hingga batas penyampaian 31 Maret 2021.

"Wajib Pajak yang telah menyampaikan SPT Tahunan hingga 31 Maret 2021, sebesar 68,03 persen dari target 397.907 wajib pajak di Riau," kata Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah DJP Riau Asprilantomiardiwidodo di Pekanbarubaru-baru ini.

Kata dia, jumlah ini bertumbuh baik dibandingkan tahun lalu dimana pandemi COVID-19 telah menyebabkan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Dengan peningkatan itu telah mendongkrak realisasi setoran SPT mencapai 270.711 WP," katanya.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan Kanwil Pajak Riau guna meningkatkan pencapaian kepatuhan penyampaian SPT Tahunan di antaranya, melakukan imbauan melalui email blast dan juga melalui para pimpinan instansi, lembaga dan pemberi kerja lainnya.

Kemudian mengadakan Bincang Pajak on Air di stasiun radio dan publikasi melalui media, membuat video testimoni ajakan penyampaian SPT Tahunan oleh Kepala Daerah, Pimpinan Instansi/Lembaga dan Tokoh Masyarakat yang dipublikasikan melalui berbagai saluran komunikasi.

"Selanjutnya adalah dengan mengikutsertakan 20 organisasi mitra (perguruan tunggi dan/atau taxcenter) yang melibatkan 222 mahasiswa sebagai relawan pajak dalam memberikan edukasi dan asistensi layanan pengisian SPT Tahunan," ungkapnya.

Ada pula penyediaan layanan asistensi pengisian SPT Tahunan di luar kantor bertempat di lokasi pemberi kerja, 20 lokasi yang diselenggarakan oleh organisasi mitra dan pada kegiatan donor rarahdan 5.000 vaksinasi massal yang difasilitasi oleh Relawan COVID-19 Riau.

"Kami juga mengadakan aksi simpatik dan kampanye SPT Tahunan melalui berbagai perlombaan yaitu Virtual RUN, Virtual RIDE dan Webinar dalam program Spectaxcular 2021," katanya.

Bertepatan dengan batas akhir penyampaian SPT Tahunan PPh Badan tahun pajak 2020 yang jatuh tempo pada akhir April 2021 ini, Kanwil DJP Riau juga melakukan upaya-upaya yang lebih fokus pada layanan dan pemberian edukasi kepada wajib pajak badan baik berbentuk perseroan terbatas, CV, koperasi, yayasan, dan lain sebagainya.

"Hal ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kesadaran WP untuk lebih patuh, sadar dan paham atas kewajiban pajaknya," pungkasnya.

Baca juga: Maksimalkan penerimaan, Kanwil pajak gandeng empat kabupaten/kota di Riau

Baca juga: Target 80 persen, sudah 202.008 Wajib Pajak di Riau lapor SPT