MUI mengajak warga Muslim untuk memperbanyak kebaikan selama Ramadhan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, MUI

MUI mengajak warga Muslim untuk memperbanyak kebaikan selama Ramadhan

Wakil Sekretaris Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ulfah Mawardi (kanan) saat menjadi pembicara dalam Talkshow Ramadhan bersama (ANTARA/Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Sekretaris Komisi Pendidikan dan Kaderisasi Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ulfah Mawardi mengajak warga Muslim memperbanyak kebaikan selama bulan Ramadhan.

"Bulan Ramadhan bulan penuh berkah, jangankan menuntut ilmu, tidur pun itu adalah ibadah. Malah yang bermanfaat perlu ditingkatkan, seperti mengkaji Al Quran, tadarus, dan pahalanya juga akan dilipatgandakan," kata Ulfah di Jakarta, Kamis.

Baca juga: MUI tegaskan vaksinasi COVID-19 dilakukan dengan injeksi tidak batalkan puasa

Ulfah mengemukakan bahwa bulan suci Ramadhan sudah sepatutnya disambut dengan suka cita dan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi spiritualitas individual dan kebaikan sosial.

"Karena ini bulan spiritualitas, kita disunahkan banyak melakukan ibadah spiritualitas kedekatan dengan Allah. Mempelajari dan menerapkan ilmu berbagi, ilmu peduli di masa kita sekarang diuji, baik bencana alam dan bencana non-alam," kata dia.

Warga Muslim mesti meningkatkan kepedulian kepada sesama pada masa banyak orang mengalami kesusahan akibat pandemi COVID-19 dan bencana alam seperti sekarang.

Selain membantu sesama, Ulfah mengatakan, umat Islam juga harus terus menuntut ilmu dan memperbanyak pengetahuan supaya bisa mendatangkan lebih banyak manfaat bagi orang yang lain.

Pengetahuan yang penting dimiliki oleh warga Indonesia yang wilayahnya rawan bencana, menurut dia, salah satunya pengetahuan mengenai mitigasi untuk meminimalkan dampak bencana.

"Jadi semua itu dipelajari jangan sampai lepas kendali. Kita saling menasihati dalam menghadapi bencana. Kita juga harus memperdalam ilmu pengetahuan tentang bencana. Itu akan bermanfaat bagi kita," kata dia.

Baca juga: MUI Riau terbitkan prokes masjid saat ibadah Ramadan ini penjelasannya

Baca juga: MUI minta warga Muslim agar tidak ragu jalani vaksinasi COVID-19 saat puasa


Pewarta: Asep Firmansyah