Bupati Meranti 'jemput bola' dana APBN ke markas Menpora

id bupati meranti, menpora

Bupati Meranti 'jemput bola' dana APBN ke markas Menpora

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil beserta rombongan saat berbincang-bincang dengan jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI di Jakarta, Selasa (6/4). (ANTARA/HO-Pemkab Kep Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Belakangan ini Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Adil terus mempererat jalinan hubungan dengan menteri-menteri Presiden RI Joko Widodo.

Kali ini Bupati Adil mengunjungi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat, Selasa (6/4). Ia berinisiatif meraih dana APBN dengan sistem 'jemput bola' agar lebih efisien dalam mempercepat pembangunan di Kota Sagu.

Kedatangan Bupati dan rombongan yang mendampingi yakni Kadisparpora Meranti Rizki Hidayat, Staf Khusus Bupati Zainuddin dan lainnya disambut oleh Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Dr Raden Isnanta dan jajarannya.

Dalam bincang-bincang pertemuan itu, Bupati Adil meminta kepada lembaga yang mengurusi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan itu untuk memperhatikan dan mendukung pembangunan di Meranti khususnya di bidang pembinaan olahraga.

"Kita sangat butuh perhatian dari kementerian dalam membangun olahraga di Meranti, sebab amat sulit jika mengandalkan APBD yang terus menyusut tiap tahun dan kini berada di angkaRp1,1 triliun," ujarnya.

Selain berupaya menggelorakan kembali semangat masyarakat untuk berolahraga agar semakin sehat, kata Bupati, juga perlu dukungan untuk peningkatan prestasi olahraga di Meranti. Dulunya terkenal sebagai gudang para atlitseperti gulat, angkat Besi, sepakbola.

"Meranti pernah meraih prestasi gemilang di kancahnasional. Namun kini untuk meningkatkan kualitas para atlitrasanya kurang lengkap jika tidak didukung dengan fasilitas olahraga yang memadai. Sebab di Meranti fasilitas penunjang itu saja belum maksimal," ungkap dia.

Pemkab Meranti ingin mewujudkan cita-cita itu dengan berupaya merenovasi kembali Stadion Mahmud Jalaluddin yang berada di Jalan Pramuka, Selatpanjang, di tengah anggaran yang terbatas. Sementara untuk renovasi fasilitas olahraga itu saja membutuhkan anggaran sekitar Rp35miliar.

"Saya berharap dukungan dari Kemenpora untuk mendukung renovasi stadion yang nantinya akan menjadi sentra olahraga kebanggaan masyarakat Meranti," tuturnya.

Baca juga: Bupati Meranti minta BPD awasi Kades, "Jangan sampai main mata"

Selain meminta dukungan renovasi Stadion Mahmud Jalaluddin, mantan Legislator DPRD Riau itu juga mengusulkan kepada pihak Kemenpora untuk pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) yang akan dipusatkan di Jalan Perumbi Selatpanjang.

Dari keterangan Kadisparpora Meranti Rizki Hidayat, untuk merealisasikan pembangunan GOR tersebut pihaknya telah melengkapi semua berkas administrasi baik DED maupun sertifikatlahan.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Bupati,Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnantaberjanji akan berupaya semaksimal mungkin membantu Meranti dalam mendukung pembangunan di bidang olahraga.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu penyediaan fasilitas olahraga di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Untuk itu diakui Raden Isnanta, pihaknya akan langsung mereview usulan Pemkab Meranti tersebut dan akan memberikan kabar secepatnya."Usulan ini menjadi PR kami bersama untuk bisa direalisasikan," pungkasnya.

Baca juga: Entaskan pengangguran, Bupati Kepulauan Meranti temui Menaker