Chevron akui minyak tumpah, DLH Dumai langsung cek

id Chevron Dumai, DLH Dumai,Minyak tympah, pt cpi

Chevron akui minyak tumpah, DLH Dumai langsung cek

Pemasangan oil boom untuk mencegah penyebaran dan pembersihan tumpahan minyak mentah yang tumpah ke laut pada Sabtu (27/2).

Dumai (ANTARA) - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) akui terjadi kebocoran pipa di Dermaga #4 Pelabuhan Dumai, dan mengakibatkan minyak mentah tumpah ke perairan, pada Sabtu (27/2) sekitar pukul 14.50 WIB.

Manager Corporate Communications PT Chevron Pacific Indonesia Sonitha Poernomo mengatakan, kejadian minyak mentah tumpah ini belum diketahui berapa jumlahnya karena masih dihitung namun ditaksir tidak mencapai ribuan barel.

"Saat itu pipa dan pelabuhan tidak sedang digunakan, dan petugas langsung melakukan pembersihan dan memperbaiki pipa yang bocor," kata Sonitha, Minggu malam.

Dijelaskannya, minyak tumpah ini dipastikan bukan limbah bahan berbahaya beracun (B3) karena minyak mentah yang jatuh ke laut ini berasal dari dalam pipa bocor.

CPI telah memasang oil boom untuk mencegah penyebaran dan mengambil tindakan pembersihan dan mengumpulkan tumpahan serta melakukan koordinasi dengan instansi Pemerintah Dumai terkait guna melindungi masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Kami komit menjalankan operasi secara selamat dan andal dengan tetap melindungi masyarakat dan lingkungan," sebutnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Dinas LH Dumai Afdal Syamsir menyebut sudah turun ke lapangan dan melihat penanganan tumpahan cepat dan tanggap untuk mencegah minyak menyebar lebih jauh.

"Penanganan tumpahan cukup baik dengan oil boom empat lapis, dan pembersihan cepat dilakukan, namun untuk kesimpulan besok kita rapatkan dengan tim KLHK," kata Afdal.

Baca juga: Melihat panen raya cabai keriting besutan program Cherish

Baca juga: PT CPI dorong peningkatan akreditasi Perminyakan UIR