Pelantikan Wako Dumai berlangsung virtual, begini penjelasannya

id Pelantikan Walikota Dumai,Berita riau antara,Berita riau terbaru

Pelantikan Wako Dumai berlangsung virtual, begini penjelasannya

Terlihat persiapan pelantikan walikota dan wakil walikota Dumai di rumah dinas, Selasa (23/2). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Dumai terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2020 Paisal-Amris dijadwalkan pada Jumat 26 Februari 2021, oleh Gubernur Riau secara virtual di kediaman dinas Jalan Putri Tujuh Dumai.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Dumai Muhammad Saddam menyebutkan, kegiatan pelantikan dilakukan terbatas, hanya 25 orang yang bisa mengikuti, terdiri walikota dan wakil walikota dengan keluarga inti dan ditambah unsur pimpinan daerah.

"Pelantikan oleh Gubernur Riau secara virtual, tidak jadi di gedung pendopo, dipindahkan ke kediaman dinas walikota di Jalan Putri Tujuh," kata Saddam, Selasa.

Rangkaian agenda pelantikan kepala daerah kali ini berbeda dibanding sebelumnya, karena masih ditengah pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19, maka malam resepsi atau ramah tamah walikota dan wakil walikota dengan masyarakat umum dan unsur pemerintahan.

Agenda lain, seperti pisah sambut Pejabat Walikota Dumai Jonli dengan Walikota Paisal Amris serta temu ramah bersama anggota DPRD Dumai tetap diadakan, namun dibuat dalam hari berbeda.

Acara pelantikan Paisal-Amris sebagai walikota dan wakil walikota Dumai sudah dilakukan persiapan oleh Pemerintah Kota Dumai, dan Sekretaris Daerah Herdi Salioso memimpin rapat persiapan pada Senin (22/2) kemarin.

Dalam rapat terungkap bahwa pelaksanaan pelantikan umumnya di seluruh Indonesia berbeda dengan sebelumnya, karena masih dalam masa Pandemi COVID-19.

Berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131/966/OTDA Tanggal 15 Februari 2021 tentang pelantikan bupati wakil bupati dan walikota dan wakil walikota melalui media teleconference dan atau video teleconference dan akan dilaksanakan di Balai Sri Bunga Tanjung pada 26 Februari 2021.

Tujuan dari pelaksanaan secara virtual, yaitu sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, menghindari kluster baru pelantikan kepala daerah, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelantikan khususnya pada saat pandemi COVID-19.

"Karena kita masih dalam masa pandemi, saya berharap momen bersejarah ini berjalan lancar, sukses tanpa hambatan, serta memberikan kesan bagi kepala daerah yang akan dilantik, mengingat ini momen penting dan bersejarah bagi Dumai," demikian Sekda Herdi.

Baca juga: Jadwal pelantikan Kepala Daerah Dumai terpilih belum pasti

Baca juga: KPU Dumai pastikan nihil gugatan hasil Pilkada