Empat hektare semak belukar terbakar, helikopter bom air Kampung Bunsur Siak

id Helikopter, sinarmas, karhutla, karhutla siak

Empat hektare semak belukar terbakar, helikopter bom air Kampung Bunsur Siak

Kebakaran di Kampung Bunsur Siak.(ANTARA/HO-Sinarmas)

Siak (ANTARA) - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kampung Bunsur, kecamatan Sungai Apit dengan sedikitnya ada 4 hektare lahan semak belukar yang dilalap si jago merah sehingga helikopter terpaksa mengebom air untuk memadamkannya.

"Semua tim darat dari berbagai instansi bahu membahu memadamkan api, namun lahan yang kering membuat api sukar dipadamkan maka APP Sinar Mas mengerahkan helikopter untuk membantu kami dari sisi udara,” kata Kepala Daerah Operasional Siak Manggala Agni KLHK, Ihsan Abdillah, Selasa.

Tim gabungan pemadam kebakaran berjibaku menyekat lokasi agar api tidak menjalar ke areal yang lebih luas. Namun untuk mencapai kepala api petugas kesulitan karena lahannya semak belukar sehingga memerlukan helikopter.

Ia menjelaskan, pihak yang ikut melakukan pemadaman selain Manggala Agni KLHK adalah Damkar BPBD Siak, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi APP Sinar Mas, TNI dan Polri. Kendala lain yang dihadapi adalah angin yang berubah-ubah di lapangan.

"Sampai sore kemarin pemadaman masih dilakukan untuk memadamkan api di bagian bawah. Lahannya juga bergambut jadi kita harus ekstra tenaga untuk melakukan pemadaman,” tambah Ihsan.

Ia menyebut lahan tersebut merupakan lahan masyarakat yang berada di luar konsesi PT Arara Abadi. Penyekatan lokasi dilaksanakan sejak awal pemadaman guna menghambat jalaran api.

“Penyebabnya belum diketahui. Pihak kepolisian telah melakukan penyelidikan,” kata dia.

Tim gabungan bagian darat juga merasa terbantu dengan helikopter Superpumaitu. Helikopter tersebut melakukan bom air puluhan kali sampai permukaan api yang menyala padam. Tinggal lagi bagian darat yang menembus bagian bawah tanah dan akar-akar pohon yang dijalari api.

Dari data yang diuraikannya, kasus kebakaran hutan dan lahan di Siak sudah mencapai 30 Ha selama Februari 2021. Lokasi kebakaran awalnya juga di kampung Bunsur, kemudian di Sungai Mempura, Teluk Lanus, Merempan Hilir dan kampung Bunsur lagi.

Baca juga: Waspada, Karhutla kembali melanda Bengkalis, sebagian ada di lahan perusahaan

Baca juga: Jumlah titik panas indikasi karhutla meningkat drastis di wilayah Riau, begini penjelasannya