Tips menghitung jumlah kalori terbakar usai 10 ribu langkah per hari

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,kalori

Tips menghitung jumlah kalori terbakar usai 10 ribu langkah per hari

Ilustrasi diet hitung kalori (Antara/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Direkur medis pusat kesehatan bariatrik dan metabolik O'Connor Hospital di San Jose, California, Thomas Hirai mengatakan, kebanyakan orang membakar 30-40 kalori per 1000 langkah yang berarti mereka akan membakar 300-400 kalori setelah berjalan 10000 langkah.

Namun, menurut dia ini hanyalah perkiraan. Setiap langkah yang Anda ambil membakar kalori, tetapi jumlah pastinya sangat tergantung pada individu.

Baca juga: Antisipasi Asupan Kalori Berlebihan, Cobalah Sarapan Jamur Di Pagi Hari

"Laju pembakaran kalori bisa sangat bervariasi. Berat badan, panjang langkah, dan tingkat kebugaran Anda akan memengaruhi pembakaran kalori Anda, begitu juga kecepatan dan kemiringan area tempat Anda berjalan," kata Hirai seperti dikutip dari Insider, Sabtu.

Untuk mendapatkan penilaian pembakaran kalori yang lebih pribadi, Hirai merekomendasikan penggunaan pengukuran yang disebut ekuivalen metabolik atau MET. Satu MET adalah energi yang dibutuhkan untuk duduk diam.

Berjalan cepat dengan kecepatan lebih dari 3 mil/ jam atau setara 4,8 km/jam adalah sekitar 3,5 MET, sementara berjalan menanjak sekitar 6 MET.

Untuk menghitung kalori yang Anda bakar dengan MET, gunakan persamaan berikut: Pengeluaran energi (dalam kkal / menit) = 0,0175 x MET x berat (dalam kg)

Misalnya, Anda memiliki berat badan 68 kilogram dan berjalan di permukaan datar dengan kecepatan 4,8 km/jam, menggunakan sekitar 3,5 MET, akan membakar sekitar 4 kalori per menit.

Jadi, dengan kecepatan 4,8 km/jam dibutuhkan sekitar 100 menit berjalan kaki sekitar 10.000 langkah (sekitar 5 mil atau 8 km), akan membakar sekitar 400 kalori.

Banyak orang saat ini menggunakan aplikasi atau jam tangan pintar untuk menghitung langkah dan pembakaran kalori mereka, tetapi Hirai menyarankan Anda memeriksa ulang angka-angka tersebut dengan persamaan yang dia sebutkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat.

"Satu hal penting untuk diingat, jangan hanya mengandalkan kalkulator ini, karena Anda bisa melebih-lebihkan atau meremehkan kalori yang Anda konsumsi atau bakar," kata dia.

Lalu, bisakah berjalan 10000 langkah setiap hari membantu menurunkan berat badan?

Menurut Harai, Anda perlu membakar lebih banyak kalori lagi. Kebanyakan orang membutuhkan defisit kalori sekitar 500 kalori per hari untuk menurunkan 1 pon atau 0,4 kg seminggu.

Orang yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan penurunan berat badan harus berolahraga setidaknya 150-200 menit per minggu dan berjalan 10000 langkah per hari.

Jalan kaki dianggap sebagai salah satu cara termudah dan teraman untuk berolahraga. Namun, jika saat ini Anda rehat berolahraga, lalu tiba-tiba melakukan 10000 langkah sehari, maka akan mengalami cedera.

"Sangat membantu untuk meningkatkan jumlah langkah per hari dan tetap seaktif mungkin, tetapi sama pentingnya untuk mencegah cedera saat seseorang memulai menuju penurunan berat badan," tutur Hirai.

Orang yang sangat kelebihan berat badan, lanjut usia, atau yang memiliki masalah kesehatan lain harus sangat berhati-hati. Hirai merekomendasikan Anda secara bertahap meningkatkan langkah mereka, misalnya menargetkan 1000 langkah ekstra per hari setiap minggu sampai mereka mencapai tujuan.

Baca juga: Bakar kalori Tapi Malas Olahraga, Coba 10 Hal Berikut

Baca juga: Bersihkan Rumah Bisa Jadi Opsi Membakar kalori, Ini Penjelasannya


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa