Jelang pencoblosan, puluhan ormas di Riau deklarasi anti poltik uang

id Bawaslu riau, pilkada riau

Jelang pencoblosan, puluhan ormas di Riau deklarasi anti poltik uang

Deklarasi anti politik uang di Kabupaten Pelalawan, Riau. (ANTARA/HO-Bawaslu Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Hari pemungutan Pilkada 2020 tinggal belasanhari lagi. Suhu politik terasa semakin memanas, angka pelanggaran semakin meningkat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Hal ini menjadi dasar munculnya semangat bersama 19 Organisasi Masyarakat dalam.mendeklarasikan gerakan anti money politic. Deklarasi dibacakan dan ditandatangani di depan Ketua Bawaslu Riau, Wakapolda dan Forkompimdadi Balai Seminai Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Sabtu.

Ketua Bawaslu RiauRusidi Rusdan berharap dengan deklarasi ini partisipasi masyarakat meningkat dengan bersama-sama menolak moneypolitic dan bersama sama ikut mengawal proses Pilkada serentak di Riau.

Usai deklarasi, seluruh organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan bersama-sama menandatangani pernyataan yang berisikan tolak dan lawan moneypolitic, ikut mengawal Pilkadadi sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau, tidak membenarkan politik uang sebagai sarana meraih simpati Pemilih, mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas, mendukung kegiatan pengawasan dan penanganan pelanggaran serta menolak segala bentuk intimidasi, kekerasan atau aktifitas dalam bentuk apapun yang dapat mengganggu proses pemilihan kepala daerah.

Organisasi Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan yang melaksanakan Deklarasi yaitu Lembaga Adat Melayu Riau, Pemuda Muhammadiyah Riau, GP Ansor Riau, BADKO HMI Riau, KNPI Riau, Pemuda Pancasila, Koordinator Wilayah 13 GMKI, IMM Riau, Pagar Nusa Riau, PSHT Riau, Koordinator BEM se-Riau, PKC PMII Riau Kepri, KAMMI Riau, PWI Riau, FKDM Riau, BMRB Riau, FPK Riau, GMNI Riau dan PMKRI.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan menyampaikan harapan bahwa “Deklarasi ini bukan hanya seremonial, namun kita semua yang telah mendeklarasikan anti money politic ini benar-benar bisa menolak money politic dan mengajak masyarakat untuk ikut menolak politik uang ini agar Pilkada yang bermarwah dapat terwujud di Provinsi Riau” harapnya.

Sementara Ketua Banser Riau, Purwajiberharap organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan yang mendeklarasikan anti money politic ini tidak sampai melanggar yang telah diikrarkannya.

Di hadapan Forkompinda Provinsi Riau dan 19 organisasi Masyarakat serta Organisasi Kepemudaan Riau, Rusidi menyampaikan dengan Deklarasi Masyarakat Peduli Pemilu anti moneypolitic ini memunculkan harapan baru yaitu zeromoneypolitic di Provinsi Riau khususnya.

"Saya yakin dengan semangat bersama untuk menolak moneypolitic oleh seluruh masyarakat, cita-cita kita untuk mewujudkan Pemilu yang berkulitas dan berintegritas dengan harapan baru zeromoneypolitic." tuturnya.

Baca juga: Bawaslu gandeng PGRI awasi pelanggaran netralitas ASN dalam Pilkada Riau

Baca juga: Menghalangi tugas pengawas pemilu bisa dipidana