Tol Pekanbaru-Dumai bisa dilalui secara gratis. Ini syaratnya

id Tol pekanbaru dumai,Tol trans sumatera,PT Hutama Karya,presiden

Tol Pekanbaru-Dumai bisa dilalui secara gratis. Ini syaratnya

Gerbang Tol Dumai, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau. (ANTARA/HO-Humas PT Hutama Karya)

Pekanbaru (ANTARA) - Masyarakat bisa melalui Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, tanpa harus membayar alias gratis mulai Sabtu (26/9/2020) pukul 06.00 WIB

"Pascaperesmian hari ini oleh Presiden Joko Widodo, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan beroperasi mulai besok, Sabtu pukul 06.00 WIB secara gratis atau belum berbayar," kata EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero)Muhammad Fauzanusai peresmian Tol Pekanbaru-Dumaiitu secara virtual, Jumat.

Hutamaselaku pengelola Jalan Tol Trans-Sumateramasih menunggu penetapan tarif jalan tol sepanjang 131,5 kilometer itu dari Menteri PUPR.

"Belum berbayar atau gratis hingga diterbitkannya surat keputusan penentuan tarif tol oleh Menteri PUPR," katanya.

Namun, ia mengatakan bagi pengguna jalan tol yang akan melintas tetap harus melakukan tapping dengan menggunakan kartu uang elektronik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini. Fungsi kartu tersebut untuk membuka gerbang di gerbang masuk dan keluar jalan tol itu.

Dalam sambutannya saat peresmian secara virtual, Jumat, Presiden Joko Widodo mengatakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang menelan biaya Rp12,18 triliun itu telah rampung dan dapat dioperasikan secara penuh untuk kegiatan produktif baik.

Jalan tol ini, lanjutnya, merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.878 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

"Tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju, serta kawasan industri dan perkebunan lainnya. Tol ini juga memperpendek jarak tempuh Kota Pekanbaru-Dumai, dari sebelumnya 200 km jika lewat jalan nasional menjadi 131 km jika ditempuh melalui jalan tol ini," kata Presiden.