PKS Riau kirim delegasi relawan bantu pengungsi Rohingnya di Aceh

id Pks Riau,Pks, rohingnya

PKS Riau kirim delegasi relawan bantu pengungsi Rohingnya di Aceh

PKS Riau kirimkan relawan bantu pengungsi Rohingnya. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - DPW PKS Riau resmi melepas dua orang delegasi relawan Crisis Center For Rohingya (CC4R) untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya di Aceh, tepatnya di Aceh Utara, Rabu. Delegasi langsung dilepas oleh Ketua DPW PKS Riau Hendry Munief, Ketua relawan CC4R Markarius Anwar dan Sekretaris Umum Junaidy Abdul Rahman.

Ketua relawan CC4R Markarius Anwar mengungkapkan, terbaru informasi yang ia dapatkan, ada 94 orang pengungsi Rohingnya yang baru tiba di Aceh. Di mana status mereka saat ini belum jelas, apakah diterima pemerintah setempat atau tidak. Sehingga PKS Riau tergerak untuk memberikan bantuan.

"Kali ini total bantuan yang akan disalurkan sebesar lima puluh juta rupiah. Bantuan ini merupakan amanah dari masyarakat Riau, yang dititipkan melalui relawan CC4R PKS Riau untuk disalurkan kepada pengungsi Rohingnya," ungkapnya.

Dilanjutkannya, bantuan akan diberikan dalam bentuk program, seperti dapur umum, bantuan kesehatan, peningkatan gizi dan pendidikan untuk anak-anak pengungsi Rohingnya, bersinergi dengan masyarakat dan relawan setempat.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Riau Hendry Munief mengajak agar kita selalu menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap saudara-saudara yang sedang membutuhkan pertolongan.

"Apalagi sebagai umat islam, kita diikat melalui ukhuwah islamiah dengan saudara-saudara muslim Rohingnya," ucapnya

Selain memberikan bantuan dalam bentuk logistik, PKS dikatakan Hendry Munief, juga akan menginisiasi kajian dalam bentuk FGD (Forum Group Discussion) bersama para akademisi, dinas terkait dan pemangku kebijakan lainnya. Guna mendapatkan masukan dan solusi terbaik.

"Sehingga solusi yang kita peroleh nantinya dapat disuarakan melalui lembaga DPRD ke Gubernur, Gubernur menyampaikan ke pemerintah pusat (Presiden), begitu seterusnya hingga ke forum Internasional. Agar hak-hak Rohingnya mendapatkan solusi terbaik," bebernya menegaskan.

Dia berharap dengan diutusnya relawan CC4R, bisa mewakili masyarakat Riau untuk memberikan layanan terbaik kepada pengungsi Rohingya di Aceh.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, saya selaku ketua DPW PKS Riau mewakili seluruh jajaran pengurus dan keluarga besar PKS Riau, secara resmi melepaskan dua orang delegasi relawan CC4R ke Aceh Utara untuk menyalurkan bantuan kepengungsi Rohingnya," tuturnya.