Inter Milan amankan peringkat kedua klasemen setelah gulung Atalanta 2-0

id Liga Italia,Inter Milan,Atalanta

Inter Milan amankan peringkat kedua klasemen setelah gulung Atalanta 2-0

Gelandang Inter Milan Danilo D'Ambrosio merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Liga Italia melawan Atalanta yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Sabtu (1/8/2020). (ANTARA/REUTERS/ALBERTO LINGRIA)

Jakarta (ANTARA) - Si Biru Hitam Inter Milan mengamankan peringkat kedua di klasemen Liga Italia, setelah menggulung tamunya Atalanta dengan skor 2-0 dalam pertandingan putaran terakhir yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Berkat kemenangan itu, Inter menutup liga musim 2019/2020 dengan koleksi 82 poin, unggul empat poin atas pesaing langsungnya Atalanta yang total mengumpulkan 78 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Bagi Inter, ini merupakan pertama kalinya mereka finis terbaik mereka dalam sembilan tahun, setelah pada musim 2010/2011 juga menyelesaikan musim kompetisi dengan menduduki peringkat kedua.

Nerazzurri membuka keunggulan melalui gol cepat Danilo D'Ambrosio (1') dengan memanfaatkan umpan Ashley Young, sebelum kemudian Young (20') menggandakan keunggulan tim tamu melalui sepakan jarak jauh akuratnya.

Meski Liga Italia telah berakhir, namun kedua tim masih akan berkiprah di pentas Eropa. Atalanta akan berhadapan dengan juara Liga Prancis Paris St Germain (PSG) pada perempat final Liga Champions 12 Agustus mendatang. Sedangkan Inter akan bertemu Getafe pada 16 besar Liga Europa 5 Agustus mendatang.

Juve dipecundangi Roma 1-3

Tim juara Juventus dipecundangi tamunya AS Roma dengan skor 1-3 dalam pertandingan terakhir mereka di Liga Italia musim ini.

Hasil itu tidak mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen. Juve tetap memuncaki klasemen dengan 83 poin, sedangkan Roma juga tetap berada di peringkat kelima, kali ini dengan 70 poin.

Juve unggul terlebih dahulu melalui gol Gonzalo Higuain (5'), namun Giallorossi mampu bangkit dan membalikkan keadaan melalui gol Nikola Kalinic (23'), penalti Diego Perotti (44'), dan gol kedua Perotti (52').

Sebagaimana Inter, Roma juga masih berjuang di Liga Europa. Mereka akan berhadapan dengan tim Spanyol lainnya, Sevilla, pada putaran 16 besar 6 Agustus mendatang.

Immobile samai rekor gol Higuain

Penyerang Lazio Ciro Immobile menyamai rekor gol dalam semusim yang digenggam Gonzalo Higuain, saat ia mencetak gol semata wayang ketika timnya takluk 1-2 dari Napoli.

Immobile (22') menambah koleksi golnya menjadi 36 gol saat ia menyamakan kedudukan untuk Lazio. Sebelumnya Napoli telah memimpin terlebih dahulu melalui gol Fabian (9').

Sayangnya gol Immobile tidak mampu mengamankan satu poin pun untuk timnya, karena Napoli berhasil merestorasi keunggulan melalui eksekusi penalti Lorenzo Insigne (54') yang didapat akibat pelanggaran Marco Parolo terhadap Dries Mertens di kotak terlarang.

Sebagaimana pertandingan Juventus melawan Roma, hasil yang didapat Lazio dan Napoli tidak mempengaruhi posisi mereka di klasemen akhir. Lazio tetap berada di peringkat keempat dengan 78 poin, sedangkan Napoli menghuni peringkat ketujuh dengan 62 poin.

Baca juga: Arsenal juara Piala FA usai bertempur sengit lawan Chelsea

Milan tutup musim dengan kemenangan

AC Milan menutup musim 2019/2020 dengan kemenangan 3-0 atas tamunya Cagliari, pada pertandingan yang diwarnai kegagalan eksekusi penalti Zlatan Ibrahimovic.

Rossonerri membuka keunggulan melalui gol bunuh diri Ragnar Klavan (10'). Mereka kemudian mendapat hadiah penalti menjelang turun minum, namun sepakan Ibrahimovic dapat dipatahkan kiper Alessio Cragno.

Penyerang asal Swedia itu mampu menebus kesalahannya dengan membukukan gol kedua Milan (55'), sebelum beberapa saat kemudian gol Samuel Castillejo (57') memperbesar keunggulan tuan rumah.

Hasil itu tidak mendongkrak posisi Milan di klasemen akhir. Milan tetap berada di peringkat keenam, kali ini dengan 66 poin. Sedangkan Cagliari tetap berada di posisi ke-13 dengan 45 poin.