Sering kebanjiran, persawahan di Kampung Pencing Bekulo akan dibuatkan irigasi

id pencing bekulo, kampung siak,tualang muandau,siak, bupati siak

Sering kebanjiran, persawahan di Kampung Pencing Bekulo akan dibuatkan irigasi

Bupati Siak, Alfredri bersama Kadis PU Tarukim Siak, Irving Kahar ketika meninjau lokasi persawahan Kampung Pencing Bekulo.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, dan Permukiman (PU Tarukim) akan membangun irigasi persawahan di Dusun Lestari II Kampung Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis untuk menunjang ketahanan pangan.

"Di sini rencana yang digarap 200 hektare, potensialnya 300 ha. Ada permintaan masyarakat untuk pengembangan persawahan, yakni untuk irigasi karena mengandalkan air sungai jadi sering banjir," kata Bupati Siak, Alfedri ketika meninjau lokasi, Rabu.

Dengan sistem pasang surut tersebut, tahun ini sawah di daerah tersebut tidak menghasilkan karena banjir. Saat ini baru terkelola 40 ha dengan hasil empat ton per hektare pada dua tahun panen 2018 dan 2019.

Penghulu Kampung Pencing Bekulo, Eka Indrawan Sinaga bahwa yang mengelola persawahan tersebut adalah kelompok tani dari masyarakat. Ada dua kelompok yang sudah mengelola 40 ha itu dengan anggota sekitar 22-25 orang.

"Di sini potensinya 300 ha, diharapkan ini meliputi 300 kepala keluarga dengan satu KK satu ha. Di sini penduduknya ada 800 KK jadi diharapkan bisa memberikan lapangan kerja dan mendukung ketahanan pangan," ungkapnya.

Ikut bersama Bupati, Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar menyampaikan pihaknya dalam hal ini melakukan survei. Menurutnya, perlu dibangun daerah pengairan baru karena tidak memungkinkan mengandalkan air Sungai Mandau dan Belutu.

"Nanti tentu ada bangunan pintu pengatur air, pintu clap, tanggul banjir, jaringan primer, sekunder, dan tersier, perlu juga bangunan pembagi. Ini kita usahakan melalui alokasi dana khusus anggaran pendapatan belanja daerah Siak 2021," ujarnya.

Untuk diketahui Kampung Pencing Bekulo merupakan bagian ujung Kabupaten Siak berbatasan dengan Kecamatan Tualang Muandau, Kabupaten Bengkalis. Untuk itu Pemkab Siak rencananya juga akan membangun jalan di daerah tersebut yang saat ini belum beraspal.

Baca juga: Jadi penghubung Kandis-Bengkalis, jalan ini masih belum beraspal

Baca juga: Dua beruang madu masuk ke perkampungan di Siak dan memangsa ayam