Kasus positif COVID-19 tambah 1.447 kasus, 651 sembuh

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,corona

Kasus positif COVID-19 tambah 1.447 kasus, 651 sembuh

Konferensi pers via daring Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 yang dipantau dari Jakarta, Sabtu (4/7/2020). (Antaranews/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan kasus COVID-19 pada Sabtu ini bertambah 1.447 positif terinfeksi SARS-CoV-2, sedangkan 651 pasien sembuh.

"Sehingga total positif 62.142 dan 28.219 sembuh," kata Yuri dalam jumpa pers daring yang dipantau dari Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Tuntut jenazah pemimpin dikembalikan, pribumi Ekuador sandera polisi dan seorang pejabat

Sementara itu, jumlah meninggal karena COVID-19 menjadi 3.089 setelah bertambah 53 orang. Hingga saat ini, jangkauan diagnosis spesimen total diperiksa 894.428 sampel.

Dia mengatakan penambahan angka positif itu tidak dimaknai semua dirawat di rumah sakit karena sebagian menjalani isolasi mandiri dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Penambahan ini tidak dimaknai seluruhnya masuk RS. Kasus ini didapatkan dari pelacakan yang kita rawat dan temukan. Kita lakukan pemeriksaan spesimen secara masif," katanya.

Yuri mengatakan tingkat keterisian tempat tidur isolasi penderita COVID-19 saat ini terisi 53,50 persen.

Menurut dia, masih ada kapasitas lain yang belum diisi. "Kasus baru yang kita dapatkan dalam beberapa hari terakhir, dua pekan terakhir, kita temukan kasus dengan keluhan klinis minimalis yang tidak menggambarkan indikasi dirawat di RS," katanya.

Tim mengarahkan yang bersangkutan isolasi mandiri. "Ini penting, kepatuhan dan kedisiplinan isolasi berpengaruh terhadap penularan baru," katanya.*

Baca juga: India telah setujui uji klinis untuk kandidat kedua vaksin COVID-19

Baca juga: Jumlah pasien positif COVID-19 di RSD Wisma Atlet bertambah 25 orang


Pewarta: Anom Prihantoro