Pandemi COVID-19, Semen Padang salurkan bantuan di Dumai

id Semen Padang Dumai, COVID-19 Dumai,Semen padang

Pandemi COVID-19, Semen Padang salurkan bantuan di Dumai

Penyerahan bantuan masker kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Kepedulian sosial Unit Pabrik Dumai PT Semen Padang dalam menghadapi pandemi COVID-19 dilakukan dengan menyalurkan berbagai bantuan bagi masyarakat, untuk mengantisipasi penularan lebih luas.

Senior Manager PT Semen Padang Pabrik Dumai Palman mengatakan, bentuk komitmen dilakukan di lingkungan perusahaan dan masyarakat sekitar dengan pemberian masker, supplemen vitamin, pengukuran suhu tubuh di gerbang masuk, sosialisasi melalui poster atau spanduk, tempat pencucian tangan dengan sabun, penyemprotan disinfektan kantor dan peralatan secara berkala dan lain-lain.

"Sementara untuk program di lingkungan masyarakat sekitar adalah pemberian masker, penyaluran sembako, pemberian tempat cuci tangan di kantor lurah dan puskesmas dan penyemprotan disinfektan rumah warga," kata Palman, Jumat.

Palman merinci, bantuan sebanyak 500 pcs masker diserahkan melalui Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Indra Safawi pada Kamis 2 Juli 2020.

Pada 22 April 2020, juga diserahkan bantuan dua unit tempat cuci tangan untuk Kantor Lurah Bangsal Aceh dan Puskesmas Sungai Sembilan. Juga ada bantuan 240 pcs masker untuk Kantor Lurah Bangsal Aceh pada 22 April 2020.

Semen Padang juga telah menyerahkan 40 paket sembako untuk masyarakat RT 04 Kelurahan Bangsal Aceh pada 23 April 2020.

Selanjutnya, guna meringankan beban korban PHK dampak pandemi COVID-19, PT Semen Padang juga berpartisipasi dalam bentuk pemberian 24 paket sembako melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau pada 4 Juni 2020.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, kepedulian sosial yang telah dilakukan PT Semen Padang terhadap masyarakat lingkungan perusahaan merupakan bagian dari upaya mendukung Pemerintah dalam memutus rantai penularan COVID-19.

Kegiatan sama di Provinsi Sumatera Barat, PT Semen Padang juga telah menyalurkan bantuan ke berbagai pihak, di antaranya masker untuk wartawan, masyarakat yang disalurkan melalui BPBD Kota Padang dan pedagang.

Kemudian, bantuan fasilitas cuci tangan untuk Posko Chek Point di perbatasan Kota Padang, termasuk di Mako Pol PP, Balai Kota Padang, Puskesmas dan sejumlah Pasar di Kota Padang, serta bantuan bilik sterilisasi untuk rumah sakit-rumah sakit di Sumbar.

Setelah itu, melakukan penyemprotan disinfektan di 145 titik fasilitas umum yang ada di Ring I PT Semen Padang, yaitu di Kecamatan Lubuk Kilangan, dan pemberian vaksin influenza gratis untuk pekerja Semen Padang Group, dan pemberian bantuan hand sanitizer.

"Kita juga menggelar seminar tentang COVID-19 dan mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun, gunakan masker dan menjaga jarak serta protokol kesehatan lainnya," demikian Nur Anita.

Baca juga: Wawako Dumai gotong royong bersama Semen Padang

Baca juga: Sekolah Dumai terima bantuan air bersih dari Semen Padang