Penerimaan siswa baru di Bengkalis dilakukan secara daring

id Pemkab Bengkalis,Ppdb online, ppdb bengkalis, bengkalis

Penerimaan siswa baru di Bengkalis dilakukan secara daring

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Riau Agusilfridimalis

Bengkalis (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Riau Agusilfridimalis mengungkapkan bahwa penerimaan siswa pada tahun ajaran 2020-2021 akan dilakukan secara daring atau online pada masa pandemi Covid-19.

"Untuk penerimaan siswa baru kita sudah keluarkan edarannya kepada masing masing satuan pendidikan. Dimana kegiatan penerimaan akan berlangsung dari 16 sampai 27 Juni," terang Agus, Selasa (2/6).

Penerapan pendaftaran online ini diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan. Mereka bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang tersedia untuk proses pendaftarancalon siswa baru.

"Namun memang ada sebagian daerah yang tidak bisa melakukan penerimaan siswa secara online, karena jaringan internet tidak ada di daerah mereka. Untuk sekolah di daerah seperti ini bisa tetap membuka penerimaan siswa secara langsung datang ke sekolah," tambahnya.

Namun satuan pendidikan yang tidak menggunakan sistem online ini pihak Dinas Pendidikan meminta agar menerapkan protap Kesehatan.

"Seperti menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak fisik bb serta menggunakan masker," terangnya.

Untuk sistem penerimaan siswa baru ini, secara umum sama dengan tahun sebelumnya dengan penerapan sistem penerimaan jalur zonasi, Afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua siswa. Untuk jalur zonasi satuan pendidikan harus menerima paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah.

"Sementara dari jalur Afirmasi sekolah harus menerima paling sedikit lima belas persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan melalui jalur perpindahan tugas orang tua ini paling sedikit menerima sebanyak 5 persen dari daya tampung sekolah," terang Agus.

Selain penerimaan dari tiga jalur ini, sekolah juga bisa menerima siswa melalui jalur prestasi. Dengan jumlah kuota paling sedikit lima persen dari daya tampung.

Sementara itu, sampai saat ini menjelang penerimaan siswa baru satuan pendidikan di Bengkalis masih dalam kondisi libur sekolah. Libur sekolah seharusnya berakhir pekan kemarin namun pihak Dinas Pendidikan memperpanjang libur selama empat belas hari ke depan.

"Saat ini masih libur sekolah siswa juga sudah selesai ujian, ujian kenaikan kelaskan dilakukan dengan pemberian tugas dari guru mereka masing masing,"kata Agus.

Baca juga: Disdik Pekanbaru akan gelar PPDB 1-7 Juli 2020

Baca juga: Siswa baru di Riau diminta daftar secara online, begini penjelasannya