Tips merawat rambut yang diwarnai supaya tetap awet

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara, kesehatan

Tips merawat rambut yang diwarnai supaya tetap awet

Ilustrasi rambut diwarnai (Antaranews/ Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Mewarnai rambut kita tentu membuat penampilan jadi berbeda, namun rambut yang diwarnai juga membutuhkan perawatan khusus.

Selama periode waktu tertentu, warna optimal dari setiap cat rambut dapat memudar akibat paparan sinar UV, sinar matahari hingga polusi. Selain itu penataan rambut yang berlebihan, perawatan kimia dan rutinitas perawatan rambut yang salah untuk rambut berwarna dapat menyebabkan rambut menjadi rusak.

Baca juga: Ariel Noah tantang Sule dan Ari Lasso untuk cukur rambut sendiri

Berikut adalah tips dan kiat yang dapat Anda lakukan di rumah, untuk menjaga rambut yang diwarnai dapat awet dan tetap terjaga sehat.

1. Selalu gunakan sampo dan masker pelindung warna.

Rambut yang sering diwarnai atau dibleaching, bila tidak dirawat dengan baik bisa menjadi kusam, kehilangan kilau, kering, keropos, dan akhirnya rapuh. Anda juga harus selalu menggunakan sampo dan masker khusus rambut yang diwarnai, untuk menjaga pigmen warna supaya awet dan menghindari kerusakan rambut.

2. Ikuti 3 langkah untuk rutinitas perawatan rambut yang ideal.

Ada tiga langkah ideal untuk perawatan rambut, yaitu membersihkan (shampo), perawatan (masker) dan melindungi (serum atau kondisioner). Untuk langkah ke-3, seseorang dapat menggunakan minyak esensial atau serum khusus rambut.

Minyak esensial, serum atau kondisioner ini membantu dalam memberikan nutrisi sekaligus melidungi warna rambut dari oksidasi. Oleskan beberapa tetes serum atau minyak esensial ke rambut Anda (kering atau lembab) setiap hari, mulai dari batang tengah rambut hingga ujung rambut untuk mendapatkan rambut halus, berkilau, dan tidak kusut secara instan dengan aroma sensual.

3. Jangan keramas terlalu sering.

Rambut yang diwarnai cukup dikeramas dua kali dalam seminggu, kecuali bila akar rambut Anda sudah sangat berminyak. Terlalu sering keramas, pada dasarnya dapat menghilangkan kelembaban pada rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih kering.

Usai keramas, jangan lupa gunakan kondisioner dan serum untuk menjaga kelembaban rambut.

3. Tata rambut secukupnya.

Penataan rambut yang berlebihan tidak hanya akan memudarkan warna pada rambut Anda, namun juga akan membuat rambut menjadi rusak, kering dan rapuh. Panas pada peralatan tersebut menyebabkan rambut kehilangan kelembaban, sehingga rambut menjadi lebih mudah rusak.

Gunakan produk untuk melindungi rambut Anda sebelum menggunakan alat penataan rambut yang menimbulkan panas.

4. Kenali kondisi rambut sebelum melakukan pewarnaan.

Ada beberapa jenis rambut yang memiliki batang tipis dan rapuh, sehingga sangat sensitif. Rambut jenis ini akan sangat mudah rusak, bahkan rontoh berlebihan bila melalui proses pewarnaan yang tidak berhati-hati.

5. Lindungi rambut dari paparan langsung sinar matahari.

Sinar UV yang terkandung dari paparan matahari dapat memudarkan warna rambut dan membuat rambut menjadi kering. Gunakan serum atau kondisioner yang dapat melindungi rambut Anda dari sinar UV.

Anda juga dapat menggunakan payung, topi, atau syal setiap keluar rumah, untuk melindungi rambut dari paparan langsung sinar UV.

Baca juga: Bingung pangkas rambut takut tertular virus Corona? Begini solusinya dari IDI

Baca juga: Kristen Stewart ingin aktris Jean Seberg dikenal lebih dari sekadar rambut pendeknya


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri