PAN Siak himpun 28 ton beras untuk didistribusikan ke kampung-kampung

id PAN Siak, dprd siak, siak

PAN Siak himpun 28 ton beras untuk didistribusikan ke kampung-kampung

Penghimpunan beras di Rumah PAN Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kabupaten Siak,menghimpun beras hingga berjumlah 28 ton untuk diberikan ke semuaelemen masyarakat merasakan dampak COVID-19 sejak dua bulan belakangan.

"Jumlah ini lumayan banyak, maka kami distribusikan ke seluruh kecamatan. Kami mengutamakan keluarga kader serta warga kita yang terdampak di setiap kecamatan," ujar Sekretaris DPD PAN Siak, Gustimar, Senin.

Kualitas beras yang dibagikan lanjutnya merupakan beras premium. Pendistribusian beras ini sudah dimulai sejak awal Ramadan 1441 H hingga saat ini masih berproses.

"Karena itu kami menyebut program ini sebagai PAN berbagi di tengah pandemi Covid 19. Pembagian ke masing-masing kecamatan hingga ke kampung-kampung itu proporsional," ulasnya yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN DPRD Siak.

Ia mengatakan, ide untuk program PAN berbagi di tengah Pandemi COVID-19 itu berawal dari rapat-rapat internal partai. Ketua DPD PAN Siak Alfedri mencetuskan bagaimana partainya dapat meringankan beban masyarakat terdampak, termasuk kader -kader PAN di tingkat bawah.

"Akhirnya kami sepakat menghimpun beras di sekretariat DPD PAN Siak. Alhamdulillah, semua anggota fraksi PAN di DPRD Siak langsung turun membagikan ke masyarakat di Dapil masing-masing. Saya turun di Tualang, Pak Fairus di Koto Gasib dan teman-teman lain di Dapilnya masing-masing pula," kata dia.

Gustimar juga memastikan pendistribusian beras dari PAN ini tepat sasaran. Sebab, jaringan PAN hingga tingkat kampung bekerja mendeteksi masyarakat yang terdampak dan membutuhkan stok beras.

Selain itu, dari anggota fraksi juga mengumpulkan paket sembako. Paket sembako ini dibagikan langsung oleh masing-masing anggota fraksi kepada konstituennya dengan sasaran kepada warga terdampak COVID-19 yang belum mendapatkan bantuan lain.

Sementara itu, Ketua Majlis Pertimbangan Partai (MPP) DPD PAN Siak Fairus Ramli mengemukakan ikut langsung turun mendistribusikan beras untuk warga. Ia mengatakan, PAN selalu ingin berbuat untuk masyarakat sebagai wujud kerja nyatanya.

"Dalam keadaan sulit seperti sekarang ini, PAN ingin berbuat sesuatu yang nyata. Nah, salah satu programnya yang insidentil itu ya mendistribusikan beras. Kenapa harus beras, karena saat ini kami ingin menjaga stok kebutuhan dasar di sejumlah rumah orang yang terdampak Covid 19," kata Fairus.

Ia juga terus terang, beras yang dibagikan dikemas dengan tulisan dan lambang partai matahari terbit itu. Tujuannya untuk memberikan transparansi informasi kepada publik, bahwa produksi beras yang dimotori PAN untuk masyarakat.

"Sudah saatnya kita saling bantu membantu. Kami InsyaAllah selalu ingin berbuat untuk masyarakat dalam rangka menunjukkan kerja nyata, menunjukkan eksistensi dan nilai bahwa PAN ada bersama masyarakat," tutur pria yang saat ini menjabat wakil ketua I DPRD Siak itu.

Baca juga: PAN minta kadernya tidak ikut survei Golkar untuk Pilkada Siak

Baca juga: Berkonstribusi Besarkan PAN, Bupati Siak didukung Maju Pilgub Riau