Selama PSBB, Pekanbaru terima sekitar 14 ton beras dari donatur

id Bantuan,PSBB Pekanbaru,Pekanbaru, corona pekanbaru

Selama PSBB, Pekanbaru terima sekitar 14 ton beras dari donatur

Sejumlah perusahaan dan donatur serahkan bantuan ke gugus tugas penanggulangan COVID-19 Kota Pekanbaru, Rabu (13/5). (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru mencatat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung, telah menerima sekitar 14 ton beras bantuan dari sejumlah perusahaan dan donatur setempat guna diteruskan ke warga yang terdampak COVID-19.

"Semua bantuan, jenisnya, siapa yang memberi tercatat dan bisa dilihat pada Posko Penanggulangan COVID-19 Kota Pekanbaru, yang ada di halaman Mal Pelayanan Publik Pekanbaru (MPP)," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus di Pekanbaru, Sabtu.

Firdaus mengucapkan terimakasih kepada semua donatur yang telah memberikan bantuan. Selanjutnya bantuan yang diberikan oleh para donatur baik itu alat medis berupa Alat Pelindung Diri (APD), masker, hand sanitizer, disinfektan, vitamin, termasuk sembako sudah mulai didistribusikan bagi yang membutuhkan.

Alat kesehatan itu untuk Rumah Sakit penanggulangan COVID-19, sembako itu untuk kelompok masyarakat yang memang selama ini tidak tersentuh bansos yang disalurkan Kementerian Sosial, dan Pemperintah Provinsi dan Pemko.

"Misalkan sembako rumah panti asuhan dan yatim piatu, kelompok masyarakat tertentu, mahasiswa, warga Pekanbaru yang datanya tercecer Pemko, kemarin ada guru K2 dan sebagainya," kata Firdaus.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, Zarman Candra mengatakan saat ini total bantuan yang diterima Pemko Pekanbaru melalui Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 mencapai 9.100 kilogram (9 ton) ditambah Jumat (15/5) sore dapat lima ton dari Bank Riau Kepri.

"Total bantuan beras yang kami terima hingga Jumat (15/5) sore, sekitar 14 ton yang sudah disalurkan sekitar 4.850 kilogram (4 ton)," kata Zarman Candra.

Dikatakan dia, selain beras dari bantuan donatur juga diterima berupa minyak kemasan, ikan kaleng, mi instan.

"Lauk pauk inilah nantinya yang masih disusun akan disalurkan ke warga yang menurut kriteria Pemko membutuhkan dan belum pernah disentuh bantuan," katanya.

Baca juga: Ini kritik Ketua DPRD Kota Pekanbaru terkait PSBB tahap III

Baca juga: Pengendara sedan terobos PSBB Pekanbaru jadi tersangka