204 orang WNI di luar negeri dikonfirmasi positif terjangkit COVID-19

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, corona

204 orang WNI di luar negeri dikonfirmasi positif terjangkit COVID-19

Seorang TKI yang dideportasi dari Malaysia dan sedang sakit berada di penampungan Rusunawa Nunukan. (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 204 warga negara Indonesia (WNI) dikonfirmasi positif terjangkit COVID-19, menurut data yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri per 3 April 2020 pukul 11:30 WIB.

Jumlah tersebut bertambah sebanyak lima kasus dibandingkan hari sebelumnya pada 2 April, yakni 191 kasus.

Baca juga: Suku adat Malaysia bersembunyi di hutan untuk hindari penyebaran wabah virus corona

Menurut data Kementerian Luar Negeri yang diakses dari akun resmi Twitter @Kemlu_RI dan akun instagram Safe Travel Kemlu RI, di Jakarta, Jumat, kasus terbanyak berada di bawah kategori International Conveyance, yakni kasus yang terjadi pada anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dengan total 49 kasus. Di antaranya termasuk di Kapal Costa Luminosa (yang bersandar di Italia).

Kasus terbanyak kedua berada di Malaysia dengan 39 WNI terjangkit, di mana 34 dari total jumlah dalam keadaan stabil, tiga orang sembuh, dan dua orang meninggal dunia.

Selanjutnya di Singapura terdapat total 36 kasus. 28 dari jumlah WNI tersebut berada dalam keadaan stabil, satu dalam penanganan khusus, dua orang meninggal dunia dan lima orang sembuh.

14 WNI di India tercatat positif COVID-19, dengan 10 sembuh dan empat dalam keadaan stabil, sementara di Spanyol terdapat 11 kasus WNI dengan dua orang sembuh dan sembilan dalam keadaan stabil.

Sembilan WNI yang terjangkit COVID-19 di Jepang telah dinyatakan sembuh, sementara di Arab Saudi terdapat enam WNI, tujuh di Vatikan, empat di Jerman, empat di Brunei Darussalam, tiga di Taiwan, China, tiga di Makau, China, dua di Australia, dua di Uni Arab Emirat, dua di Qatar, dua di Kamboja, dan dua di Amerika Serikat, semua berada dalam keadaan stabil.

Tiga orang WNI di Belanda tercatat terkena COVID-19, namun dua diantaranya dinyatakan sembuh dan satu dalam keadaan stabil.

Sementara itu, di Filipina, Oman, Korea Selatan, Irandia, dan Belgia terdapat masing-masing satu kasus WNI, semua dalam kondisi stabil. Satu orang WNI positif COVID-19 meninggal dunia di Inggris.

Dengan demikian, total kasus COVID-19 WNI di luar negeri mencapai 204 orang dengan total sembuh 31 orang atau 15 persen dari jumlah kasus.

Baca juga: Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet rawat 127 orang pasien positif virus corona

Baca juga: Fraksi PKB Inhil potong gaji untuk pembuatan bilik steril. Berapa jumlahnya?


Pewarta : Aria Cindyara