Sumbangsih Alfedri penuhi kebutuhan ODP COVID-19 di Siak

id Bupati siak, alfedri, bupati alfedri, corona siak

Sumbangsih Alfedri penuhi kebutuhan ODP COVID-19 di Siak

Bupati Siak Alfedri ketika memberikan bantuan sembako untuk ODP COVID-19 melalui Dinas Sosial. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid -19 di Kabupaten Siak terus bertambah. Hingga Sabtu (28/3), total ODPkasus itu sebanyak 93 orang dan ada dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Bupati Siak Alfedri mengaktifkan seluruh lini agar "social dan physical distancing" benar-benar menjadi kesadaran masyarakat. Agar ODP tetap berada di rumah, Alfedri tidak sekadar menyampaikan imbauan semata, tapi juga menyumbang paket sembako untuk ODP yang tidak mempunyai stok di rumahnya.

"Banyak warga kita yang mengandalkan upah harian. Kalau mereka tidak bekerja tentu keluarga mereka tidak dapat makan. Bagaimana caranya mereka tetap di rumah tetapi punya kebutuhan pokok, tentu kita harus berikan paket sembakonya," kata Alfedri.

Pemberian paket sembako itu dimulai dari pribadinya sendiri menyumbang untuk 30 paket sembako. Dalam satu paket itu isinya ada beras, telur, ikan sarden, mi instan dan minyak goreng untuk stok minimal untuk kebutuhan seminggu.

Bantuan sembako itu telah disalurkan Alfedri sejak Jumat (27/3) sore. Ia meminta bantuan kepada Camat Siak Tengku Indra Putra untuk mendata ODP COVID-19 yang terkategori keluarga kurang mampu. Bantuan paket sembako itu juga diserahkan kepada camat agar menyalurkan kepada ODP yang menjadi sasaran.

"Semua cara harus kita lakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, tentu dengan cara yang berempati kepada masyarakat," kata Alfedri.

Pemberian ini bermula ketika Alfedri mengetuk pintu hati jajarannya di Pemkab Siak untuk mengumpulkan donasi buat keluarga ODP.Itu saat dirinya memimpin rapat di Posko Gugus Tugas Penanganan COBID-19 yang juga dihadiri oleh forum pimpinan kepala daerah.

Baca juga: Seorang pekerja di Perawang Siak suspek COVID-19 usai dari Jakarta

Ide tersebut disambut gembirajajarannya, termasuk pimpinan Forkompinda Siak. Sejumlah kepala dinas dan pimpinan Forkompinda juga bakal memberikan donasinya.

"Donasi ini kita kumpulkan melalui koordinator dinas sosial saja. Satu paket saya hitung tidak mahal tapi signifikan untuk kebutuhan warga kurang mampu. Dalam hal ini sasaran kita adalah ODP yang secara ekonomi memang sudah atau kurang mampu," sebutnya.

Di samping itu, pihaknya hingga hari ini juga mengupayakan adanya tambahan bantuan sembako dari KemenetrianSosial. Calon penerima bantuan sudah diusulkan melalui provinsi sebanyak 22 ribu KK lebih.

Pengumpulan donasi ini diharapkannya bisa berkembang secara terbuka yang melibatkan masyarakat umum dan pihak swasta. Pasalnya saat ini sudah ada dua Pasien Dalam Pengawasan dan 93 ODP.

Kemungkinan ODP akan bertambah sebab pemulangan WNI dari Malaysia melalui pelabuhan Tanjung Balai Karimun masih berlangsung."Kita tidak tahu apakah sampai di Karimun mereka ke Siak. Ini yang belum kita ketahui, yang jelas kita harus siap-siap menghadapinya," imbuhnya.

Baca juga: Dua warga Siak PDP COVID-19 usai dari Malaysia dan Bandung

Baca juga: Cegah Corona, Pesta pernikahan di Dayun Siak dibubarkan camat dan polisi