Pengawasan pintu masuk pelabuhan di Inhil diperketat

id Juru Bicara Gugas Penanganan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra,Plt Kadiskominfo Persnatik Inhil, covid-19, corona, inhil

Pengawasan pintu masuk pelabuhan di Inhil diperketat

Juru Bicara Gugas Penanganan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra. (ANTARA/HO)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Gugus Tugas (Gugas) Penanganan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) agar wabah ini tidak masuk ke daerah berjuluk Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini, salah satunya memperketat pengawasan pintu masuk pelabuhan.

Juru Bicara Gugas Penanganan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra di Tembilahan, Rabu malam mengatakan berdasarkan laporan screening di pintu masuk pelabuhan, diketahui tidak terdapat penumpang yang berstatus orang dengan pengawasan (ODP).

Dia mengungkapkan bahwa ada sekitar 376 penumpang yang menjalani screening oleh tim gugas yang siaga di pintu masuk pelabuhan.

"Dari total itu, semuanya tidak terdapat orang dengan pengawasan (ODP) atau dinyatakan aman," ujar Plt Kadiskominfo Persnatik Inhil.

Ratusan orang yang telah menjalani screening dan dinyatakan aman ini berasal dari empat kedatangan di empat titik pelabuhan berbeda menggunakan kapal ferry.

"Mayoritas merupakan penumpang yang datang dari Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Jambi," ujarnya.

Empat pelabuhan itu, diantaranya Pelabuhan Laut Tembilahan, Pelabuhan Laut Pulau Kijang, Pelabuhan Laut Kuala Enok dan Pelabuhan Sungai Guntung.

Sampai sejauh ini, diungkapkan Trio, belum ditemukan warga yang positif terinfeksi COVID-19. Berbagai upaya telah ditempuh oleh tim Gugas Penanganan Pencegahan COVI-19 Kabupaten Inhil guna memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan, China ini.

"Penyemprotan disinfektan, pembuatan bilik sterilisasi hingga persiapan pembangunan rumah sakit khusus isolasi pasien corona juga kita tempuh," jelas Trio.

Trio menuturkan, hal yang perlu diperhatikan bagi segenap masyarakat Kabupaten Inhil adalah menaati segala ketentuan dan imbauan yang dikeluarkan pemerintah.

"Semua pihak memiliki perannya masing-masing untuk mencegah penyebaran corona," tukas pria yang akrab disapa TB ini.