Mendagri Tito Karnavian minta masyarakat tak panik hadapi isu virus Corona

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, corona

Mendagri Tito Karnavian minta masyarakat tak panik hadapi isu virus Corona

Mendagri Tito Karnavian. (ANTARA/Boyke Ledy Watra/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi isu virus Corona (Covid-19) belakangan ini.

"Saya kira tidak perlu panik, ya, kita tahu pemerintah berupaya dengan segala kemampuan. Kita tahu koordinasi di tingkat nasional sudah dilakukan, kemudian koordinasi jaringan kesehatan, pemerintah daerah banyak melakukan langkah-langkah preventif," kata Mendagri Tito Karnavian dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kemenhub pastikan pencegahan masuknya virus corona di bandara sesuai prosedur

Mendagri juga meminta masyarakat untuk memperkuat sistem imunnya dengan melakukan olahraga dan pola hidup sehat supaya terhindar dari terjangkitnya Covid-19.

"Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting, olahraga, karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh. Kalau daya tubuh kuat virus, juga tidak bisa berkembang," katanya.

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keuntungan karena memiliki suhu relatif hangat karena dipengaruhi oleh letaknya di garis khatulistiwa.

Keuntungan tersebut, kata dia, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas berjemur pada pagi hari untuk mendapatkan sejumlah manfaat.

"Sering-sering untuk berjemur, terutama di matahari pagi. Kita semua belajar dari dahulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat, termasuk vitamin D dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas dia tidak bisa berkembang," kata dia.

Kemudian, masyarakat juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bersumber dari sayuran dan buah serta vitamin. Masyarakat juga diminta untuk rutin mencuci tangan dengan sabun secara benar.

"Metode penyebarannya ini terutama sentuhan langsung dengan penderitanya, rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun atau menggunakan disinfektan, dan masyarakat tidak perlu panik,” kata Mendagri menegaskan.

Baca juga: Pemerintah tanggung biaya perawatan pasien virus corona

Baca juga: Begini cara mencuci tangan yang baik untuk mencegah virus corona atau Covid-19


Pewarta: Boyke Ledy Watra