Maskapai Lion Air hentikan sementara seluruh penerbangan umrah

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terkini, Lion Air

Maskapai Lion Air hentikan sementara seluruh penerbangan umrah

Pesawat Lion Air. (ANTARA/HO/pri)

Jakarta (ANTARA) - Maskapai Lion Air menghentikan sementara semua layanan penerbangan umrah dari 13 kota keberangkatan di Indonesia ke Arab Saudi mulai Jumat ini sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan penundaan sementara ini dilakukan sesuai dengan pemberitahuan resmi dari pihak regulator Kerajaan Arab Saudi - General Authority of Civil Aviation (GACA) Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia.

Baca juga: Wakil Presiden katakan, Indonesia hormati kebijakan Arab Saudi menutup akses bagi WN asing

Penghentian juga berdasar Surat Edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tentang Penghentian Sementara Rute Penerbangan ke Saudi Arabia.

“Lion Air tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional sesuai dengan standar operasional prosedur yang memenuhi kualifikasi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan,” kata Danang.

Keputusan penghentian penerbangan sementara ini juga dilakukan dalam rangka tindakan preventif dan proaktif guna mengutamakan keselamatan awak pesawat dan para tamu jamaah serta menangkal penyebaran Virus COVID-19 (Corona).

Lion Air telah meminta kepada seluruh mitra dan agen penyelenggara umrah yang bekerja sama dengan Lion Air untuk memberikan informasi penundaan penerbangan umrah kepada seluruh calon jamaah dari Indonesia sesuai dengan perkembangan terkini.

Lion Air telah berkomunikasi dengan para tamu jamaah yang sudah berada di Jeddah dan Madinah perihal proses kepulangan. Lion Air mempersiapkan penerbangan dari Indonesia yang membawa awak pesawat dan tanpa penumpang (ferry flight) guna penjemputan sesuai jadwal.

Pemerintah Arab Saudi menyatakan langkah pencegahan virus corona itu bersifat sementara dan akan terus dievaluasi.

Berikut ini daftar negara yang dicegah memasuki ke Arab Saudi untuk sementara waktu: China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia dan Vietnam.

Baca juga: Selain asal Indonesia juga masih banyak jamaah umrah negara lain di Mekah

Baca juga: Presiden Joko Widodo hargai sikap Arab Saudi stop sementara umrah


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu