Perdana didatangi Presiden Jokowi, ini kata Bupati Siak

id jokowi di siak, jokowi di riau, siak, tahura minas

Perdana didatangi Presiden Jokowi, ini kata Bupati Siak

Bupati Siak, Alfedri (batik biru) dalam kesempatan bersama Presiden Jokowi di Tahura Minas.(ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kecamatan Minas, menandai kunjungan perdananya di Kabupaten Siak dimana sebelumnya pada tahun 2016 Wakil Presiden sebelumnyaJusuf Kalla yang hadir di Negeri Istana tersebut.

Pemerintah Kabupaten Siak melalui Bupati, Alfedri, Jumat, menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran presiden. Terutama dalam rangka penyerahan secara simbolis Surat Keputusan Perhutanan Sosial.

"Harapan kita, kebijakan Perhutanan Sosial ini dapat mewujudkan percepatan pemerataan ekonomi di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Siak” kata

Alfedri di lokasi pelaksanaan acara, Taman Hutan Rakyat Sultan Syarif Hasyim Minas.

SK Perhutanan Sosial di Kabupaten Siak diberikan kepada kelompok masyarakat di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit. Hal itu dalam bentuk Hutan Desa seluas 3580 hektare, yang diperuntukkan bagi 520 Kepala Keluarga masyarakat Kampung Teluk Lanus.

“Alhamdulillah, berdasarkan peta indikatif pusat, Kabupaten Siak termasuk ke dalam penerima manfaat program Perhutanan Sosial," jelasnya.

Program Perhutanan Sosial Hutan Desa tersebut kata Alfedri merupakan pemberian akses masyarakat untuk mengelola areal kehutanan. Itu ditujukan untuk memberikan nilai tambah ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu Alfedri juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan penanaman jenis tanaman yang tidak ramah lingkungan. Terutama tidak untuk menanam tanaman Kelapa Sawit.

"Kita menghimbau masyarakat untuk tidak menanam tanaman seperti kelapa sawit. Seperti halnya arahan Bapak Presiden tadi pada saat kegiatan penyerahan SK, masyarakat diarahkan untuk menanam tanaman ramah lingkungan seperti aren dan lain sebagainya," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga sempat berdialog dengan masyarakat yang hadir serta menyerahkan alsintan dan bibit tanaman. Selain itu Kepala Negara bersama sejumlah kepala daerah juga melakukan penanaman pohon di areal Tahura.

Baca juga: Jokowi: Kita ingin jadi Negara yang cepat. Begini penjelasannya

Baca juga: Jokowi: Pembangunan jalan tol jangan tunggu IRR tinggi. Apa itu IRR?


Presiden RI Joko Widodo tiba di Kabupaten Siak, Jumat siang (21/2), dalam rangka kunjungan kerja Kepala Negara itu di Provinsi Riau. Bupati Siak Alfedri bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo yang tiba di Tahura Sultan Syarif Hasyim Kecamatan Minas didampingi Gubernur Riau Syamsuar,

Sebelumnya, Bupati Alfedri juga menghadiri jamuan makan siang bersama kepala negara di Rumah Makan Gunung Tigo Kecamatan Minas. Itu usai peninjauan seksi 1 Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai dan pelaksanaan Salat Jumat di Mesjid Al Fattah Minas.