Pertamina bantu Siswa SD Cemerlang Dumai agar bisa belajar di kelas ideal

id Pertamina Dumai, SD Dumai

Pertamina bantu Siswa SD Cemerlang Dumai agar bisa belajar di kelas ideal

Peresmian SD Cemerlang di Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Sekolah Dasar Cemerlang di Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai akhirnya bisa menggelar proses belajar mengajar anak didik dalam bangunan gedung kelas yang ideal berkat bantuan PT Pertamina RU II.

Sekolah di bawah naungan Yayasan Pembinaan Lembaga PGRI Dumai ini sebelumnya selama lima tahun harus menggelar pendidikan dan pembelajaran tanpa satu bangunan untuk kelas belajar atau ruang guru.

"Kami memulai sekolah ini tahun 2015 dengan jumlah murid 12 orang dan terus bertambah hingga kini meski dengan keterbatasan, dan selama ini menumpang belajar di SMP Cemerlang," kata Kepala SD Cemerlang Nureha, Jumat.

Menurutnya, penantian selama lima tahun akhirnya berbuah manis setelah mendapat bantuan ruang kelas baru dari PT Pertamina Dumai, dan sudah diresmikan pada Selasa (18/2) baru ini.

Saat ini sekolah yang sudah memasuki tahun keenam tersebut jumlah siswanya terus bertambah dan kini total sebanyak 70 orang, mulai dari kelas 1 hingga kelas 5.

"Semula anak didik harus bergantian masuk kelas pada jam tertentu, sedangkan guru karena tidak memiliki ruang khusus harus menunggu jadwal mengajar di luar," sebut Nureha.

Dia optimis perjuangan dilakukan akan mendapat bantuan dari berbagai pihak agar anak didik bisa merasakan proses belajar mengajar di kelas sendiri yang ideal serta nyaman.

Bantuan oleh Pertamina dimanfaatkan untuk pembangunan dua kelas belajar dengan luas 90 meter persegi, dan satu ruang guru lengkap dengan kamar mandi seluas 60 meter persegi.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Dumai Sya'ari apresiasi perjuangan sekolah yang sejak awal telah berani dan gigih menggelar proses belajar mengajar untuk anak di sekitar wilayah Kecamatan Dumai Timur.

Dia juga mengapresiasi Pertamina RU II atas realisasi program sosial kemasyarakatan bidang pendidikan, khususnya kepada SD Cemerlang, dan berkat kelas baru ini maka kegiatan belajar mengajar akan semakin baik lagi ke depan.

"Kita semua perlu mencontoh semangat para guru di SD Cemerlang ini karena gigih dan sabar menjalankan fungsi pendidik dengan segala keterbatasan,” kata Sya'ari.

Kepala Humas RU II Brasto Galih Nugroho berharap bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat dan anak berada di sekitar operasi perusahaan.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kehadiran Pertamina RU II agar turut dirasakan oleh masyarakat sekitar melalui program sosial kemasyarakatan, khusus di bidang pendidikan.

"Sejumlah program bantuan sosial masyarakat terus kita jalankan, diantaranya bantuan renovasi sekolah, perpustakaan, sarana prasarana, hingga pengembangan sekolah Adiwiyata serta Pertamina mengajar dan Pertamina goes to school," sebut Brasto.