Toyota segarkan Alphard-Vellfire dengan sejumlah fitur keselamatan Safety Sense

id Berita hari ini, berita riau antara, berita riau terkini,Toyota

Toyota segarkan Alphard-Vellfire dengan sejumlah fitur keselamatan Safety Sense

Toyota segarkan Alphard-Vellfire (ANTARA/HO/TAM)

Jakarta (ANTARA) - Toyota menyegarkan mobil kelas premium, New Alphard dan New Vellfire, dengan menyematkan sejumlah fitur keselamatan baru Toyota Safety Sense.

"Faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang selalu menjadi perhatian utama sehingga Toyota secara terus menerus melakukan improvement agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan tapi juga perlindungan keselamatan yang makin optimal," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam keterangannya, Rabu.

Baca juga: Alphard Hybrid, Tampil Lebih Mewah, Lebih Ramah Lingkungan

Alphard dan Vellfire yang membukukan penjualan whole sales 4.637 unit pada 2019, dilengkapi Toyota Safety Sense yang menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi.

Dengan menyandang fitur Pre-Collision System (PCS), pengguna New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, yang akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan.

Fitur PCS secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Penggunaan fitur Lane Departure Alert (LDA) sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan karena secara otomatis fitur akan memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur.

Penggunaan fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) akan membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman.

Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Fitur Automatic High Beam (AHB) sangat membantu pengemudi dalam perjalanan di malam hari. Fitur akan mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh dan akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

New Alphard dan New Vellfire kini juga dilengkapi fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah.

Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang semula hanya menggunakan enam titik yaitu dua di depan dan empat di belakang menjadi delapan titik yaitu empat di depan dan empat di belakang.

Fitur ICS juga akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur itu membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Layar hiburan

Toyota melakukan improvement pada fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE).

Jika sebelumnya AHU menggunakan layar monitor 8 inci, kini menggunakan layar 9 inchi untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV, sementara varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inci.

Sedangkan layar RSE yang sebelumnya 10 inchi menjadi 13 inci, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13.3 inci.

Untuk melengkapi kenyamanan dan keamanan, Inside Rear View Mirror, New Alphard dan New Vellfire kini menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2 dengan jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan sebelummya yang menggunakan teknologi Full Digital Mirror.

“Berbagai improvement ini kami hadirkan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan yang lebih tinggi, sekaligus memberikan nilai Total Ownership Experience yang lebih menguntungkan kepada pelanggan New Alphard dan New Vellfire,” kata Anton.

Alphard pertama kali dipasarkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada 2008. Pada tahun 2015, Toyota Vellfire dan Toyota Alphard HEV (Hybrid Electrified Vehicle) menambah jajaran line-up MPV Luxury ini.

Meski masuk di segmen yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang sangat berbeda. Alphard tampil dengan desain dengan nuansa mewah, anggun dan formal. Vellfire menonjolkan modern, dan high tech dengan kesan berani dan sporty.

Baca juga: Volkwagen pimpin penjualan mobil dunia, Toyota kedua

Baca juga: Toyota Lengkapi line up HiAce untuk Segmen Premium

Pewarta: KR-CHA