Ini tanggapan Kadispora saat swasta bantu renovasi Stadion Utama Riau

id PT RAPP, stadion utama riau,PSSI Riau, PSSI, FIFA, Piala Dunia 2020

Ini tanggapan Kadispora saat swasta bantu renovasi Stadion Utama Riau

Proses peninjauan rumput Stadion Utama Riau oleh PSSI untuk persiapan Piala Dunia U20 2020. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau mengapresiasi bantuan perusahaan kertas dan bubur kertas terbesar di Asia, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merenovasi Stadion Utama Riau untuk persiapan ajang Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Total bantuan RAPP nanti diperkirakan Rp15 miliar," kata Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau Doni Aprialdi di Pekanbaru, Kamis.

Doni Aprialdi mengatakan, merenovasi Stadion Utama Riau adalah komitmen Pemerintah Provinsi setempat, guna menjadikannya sebagai salah satu venu yang dapat dipakai sebagai tempat menggelar pertandingan berkelas dunia.

Dia tidak lupa berterimakasih atas bantuan RAPP sekaligus bangga ada perusahaan yang peduli dengan stadion yang menjadi aset kebanggaan warga Melayu itu.

Ia mengaku stadion yang pernah dipakai saat ajang PON XVIII tahun 2012 itu mulai terbengkalai dan tidak terawat karena terbatasnya biaya. Lewat bantuan RAPP ke depan akan kembali bagus dan diharapkan nanti bisa dipakai untuk kegiatan nasional dan internasional.

"Rencana perbaikan akan dimulai pertengahan tahun 2020," katanya.

Doni Aprialdi mengatakan, PT RAPP akan memperbaiki dan merenovasi bagian gedung yang sudah mulai rusak, mengganti rumput lapangan bola, juga lampu-lampu, sistem pengeras suara, alat pencatat waktu dan sebagainya.

Terkait upaya penentuan tuan rumah Piala Dunia U-20, Kadispora mengatakan sekitar 20 orang perwakilan dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akan meninjau di Stadion Utama Riau untuk melihat kelayakannya.

"Rombongan tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Komjen Pol M. Iriawan. Peninjauan dilakukan selama satu hari saja," kata Doni.

Doni melanjutkan, rombongan juga akan melihat beberapa stadion pendamping atau stadion mini yang akan digunakan sebagai tempat latihan tim nasional dari negara-negara peserta Piala Dunia U-20, seperti stadion mini markas kesebelasan Tiga Naga Riau.

Diharapkan dari hasil peninjauan yang dilakukan tim FIFA tersebut bisa menjadikan Bumi Lancang Kuning sebagai tuan rumah.

Sebelumnya, FIFA menetapkan ada enam stadion dari 10 stadion yang disiapkan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2021, yaitu Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di di Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Stadion Sijalak Harupat di Bandung, dan Stadion Bandung Lautan Api di Bandung.