2.841 calon PPK Pilkada di Riau ikut tes tertulis

id Ppk,pilkada riau,pilkada serentak, pilkada 2020

2.841 calon PPK Pilkada di Riau ikut tes tertulis

Calon anggota PPK sedang jalani tes. (ANTARA/HO-KPU)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 2.841 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak di Riau mengikuti tahapan tes tertulis.

"Ada sembilan kabupaten/kota yang dilakukan penjaringan PPK dan tes tertuisnya Kamis (30/1) kemarin," kataKomisioner KPU Riau Bidang Sosialisasi, Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Jumat.

Nugroho Noto Susanto mengatakan ada delapan kabupaten tes tertulis calon PPK-nya dilakukan secara manual atau kertas sedangkan satu daerah dengan sistem komputer.

"Bengkalis calon PPK-nya menggunakan sistem computer assisted test (CAT)," kata Nugroho.

Sejauh ini, katanya, ujian calon PPK di sembilan kabupaten/kota pelaksana Pilkada serentak berjalan lancar. Adapun wilayah yang ikut yakni, Bengkalis, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu,Siak, dan Dumai.

Selanjutnya, usai seleksi tertulis akan dilakukan pengumuman 10 besar calon PPK dari masing-masing kabupaten/kota. Untuk diikutkan seleksi tahap berikutnya.

"Pengumuman 10 besar tertinggi ini akan dilakukan pada tanggal 3-5 Februari mendatang," katanya.

Ditambahkan dia, dari 2.841 orang mendaftar sebagai calon Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pilkada di 9 daerah di Riau, terbagi dari 2.072 pendaftar laki-laki dan 769 pendaftar perempuan.

Adapun rincian pendaftar di masing-masing daerah adalah sebagai berikut , Bengkalis 301 orang, Indragiri Hulu 274 orang, Kepulauan Meranti 244 orang, Kuantan Singingi 527 orang, Pelalawan 184 orang, Rokan Hilir 377 orang, Rokan Hulu 410 orang, Siak 372 orang dan Dumai 152 orang.