RSUD Arifin Achmad Riau siapkan ruang isolasi pasien terduga Corona, begini penjelasannya

id wabah corona,virus corona,dinkes riau,rsud arifin achmad pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

RSUD Arifin Achmad Riau siapkan ruang isolasi pasien terduga Corona, begini penjelasannya

Ilustrasi - Petugas keamanan berjaga di luar Ruang Isolasi Khusus (RIK) yang merawat pasien WNA asal China di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). ANTARA/Moch Asim/foc.

Pekanbaru (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad di Kota Pekanbaru, Riau,menyiapkan ruang isolasi untuk mengantisipasi bilamana ditemukan pasien terduga terjangkit virus corona.

Direktur RSUD Arifin Achmad dr. Nuzelly Husnedi,MARS di Pekanbaru, Senin mengatakan rumah sakit milik Pemprov Riau tersebut sudah disiapkan menjadi rujukan bagi kasus PIE (Penyakit Infeksi Emerging). Selain menyiapkan ruang isolasi, RSUD Arifin Achmad juga menyiapkan tenaga medis dan dokter.

"RSUD Arifin Achmad berfungsi sebagai RS rujukan untuk kasus PIE. Internal dibuat Tim PIE yang mengkoordinasikan antisipasi dan persiapan penanganan jika didapatkan terduga," katanya.

Ia mengatakan tim PIE di RSUD diketuai oleh dr. Indra Yovie, SpP(K) yang akan mengkomunikasikan apabila menemukan pasien dicurigai dengan infeksi virus corona.

"Perawatan dilakukan di ruang isolasi dengan tata pelayanan sesuai SOP yang sudah dibahas oleh tim," kata Nuzelly.

Baca juga: Penerbangan China-Batam dihentikan terkait dengan merebaknya virus corona

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, mengatakan warga tidak panik namun tetap waspada karena pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus Corona di Riau. Hingga kini belum ada laporan adanya terduga virus corona di daerah berjuluk bumi lancang kuning itu.

Ia mengatakan dinas kesehatan juga terus melakukan sosialisasi dan pemberian informasi tentang kasus tersebut kepada masyarakat melalui media masa.

Mimi mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan pola hidup bersih Dan sehat. Warga agar mencuci tangan secara rutin sebelum memegang hidung, mata dan mulut.

"Mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun cair serta bilas setidaknya selama 20 detik, dan keringkan dengan tisu sekali pakai," pungkas Mimi.

Terkait penanganan kondisi wabah virus corona di Riau, lanjutnya, Dinkes Riau sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RSUD Arifin Achmad, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru guna mempersiapkan sarana, prasarana Dan SDM antisipasi apabila terjadinya kasus tersebut.

KKP di wilayah kerja Riau sudah melakukan pemeriksaan penumpang dari luar negeri di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan pelabuhan menggunakan alat pendeteksi panas (thermal scanner).

Baca juga: Pelabuhan Penumpang Dumai siaga virus Corona

Baca juga: Libur kerja dan sekolah diperpanjang, jumlah tewas akibat virus corona jadi 80 orang

Baca juga: Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung belum pastikan dua pasien isolasi terpapar virus corona