Bawaslu Riau ajak Panwascam jaga integitas pada Pilkada serentak 2020

id bawaslu riau,pilkada riau 2020,berita riau antara,berita riau terbaru

Bawaslu Riau ajak Panwascam jaga integitas pada Pilkada serentak 2020

Ketua Bawaslu Riau ajak Panwascam jaga integritas sukseskan Pilkada serentak 2020. (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau mengajak dan memotivasi seluruh Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk menjaga integritas guna menciptakan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

"Panwascam ditugaskan untuk mengawasi tahapan pencalonan Bupati/Wakil Bupati dalam Pilkada serentak 2020, kata Ketua Bawaslu Riau Risidi Rusdan, usai mengikuti acara kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pengawas Kecamatan se-Kabupaten Kuantan Singingi, di Pekanbaru, Jumat.

Riau Risidi Rusdan mengatakan Pilkada serentak 2020 sudah memasuki tahapan pencalonan bupati/walikota serta wakilnya bagi daerah yang melaksanakan. Dalam proses itu Panwascam sudah harus melakukan pengawasan.

"khususnya pada bakal calon dari unsur Perseorangan (Calon Independen) peran panwascam menempati posisi penting dalam menentukan sukses atau tidaknya pengawasan tahapan pencalonan," katanya.

Kata dia Bimtek pengawasan pada tahapan pencalonan ini memiliki arti strategis karena pada tahapan itulah semua calon harus memenuhi kriteria.

Rusidi juga meminta kepada peserta bimtek agar selalu mengedepankan Integritas, Independensi, dan rasa percaya diri sebagai pengawas pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuansing yang akan dilaksanakan tanggal 23 September 2020 nanti.

Rusidi berharap, setelah kegiatan bimtek ini Panwascam langsung siap bekerja mengingat bahwa saat ini sudah memasuki tahap pencalonan dan turut mengawasi dalam proses perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kuansing.

"Setelah ini, sahabat harus siap bekerja karena kita sudah memasuki pada tahapan pencalonan dan d waktu yang bersamaan sahabat harus lakukan pengawasan proses perekrutan PPK di Kuansing." harapnya.

Sebanyak 45 orang anggota Pengawas Kecamatan dari 15 Kecamatan se-Kabupaten Kuansing sangat antusias nengikuti kegiatan ini. Hal ini di buktikan oleh aktifnya peserta pada saat sesi diskusi atau tanya jawab dibuka Rusidi.

Bimtek ini dihadiri juga oleh Amiruddin Sijaya, Koordinator Divisi Hukum , Data dan Informasi Bawaslu Riau, dengan didampingi Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kuansing.

Baca juga: Anggota Komisi II DPR RI pantau kesiapan Bawaslu Riau sambut Pilkada 2020

Baca juga: KPU kabupaten/kota Riau bentuk Badan Adhoc Pilkada 2020

Baca juga: Bawaslu Riau imbau kepala daerah tak lakukan mutasi jelang Pilkada 2020