Kapal pembawa TKI ke Malaysia tenggelam, 1 orang ditemukan tewas

id polres bengkalis,kapal tenggelam, kapal TKI tenggelam

Kapal pembawa TKI ke Malaysia tenggelam, 1 orang  ditemukan tewas

Kapal dari Basarnas, Pol Air Dumai dan Bengkalis masih melakukan pencarian tethadap korban tenggelamnya kapal speed boat di petairanbRupat Utara yang membawa sebanyak 20 orang TKI tujuan Malaysia. (ANTARA/HO-Basarnas)

Bengkalis (ANTARA) - Kapal speed boat yang membawa sebanyak 20 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia tenggelam di perairan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis Riau, satu orang ditemukan tewas dan 10 orang selamat.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto mengatakan bahwa

kecelakaan terjadi pada, Selasa (21/01/20) sekira pukul 21.30 WIB di perairan Pasir Putih Desa Putri Sembilan Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis.

"Pencarian hari ini Pol Air bersama kapal Basarnas, Angkatan Laut berhasil menemukan satu jenazah berjenis perempuan dan dua pelampung," ujar Kapolres, Kamis (22/02).

Dijelaskan Kapolres, kapal tersebut berangkat dari Sungai Pakalan Buah Desa Cinggam Kecamatan Rupat dan sebelumnya menginap di rumah salah seorang penduduk.

"Kapal berbahan fiber ersebut menggunakan berangkat tujuan Malaysia menggunakan mesin Yamaha 60 PK sebanyak dua unit tenggelam akibat kebocoran. Jumlah penumpang sebanyak 20 orang.

"Dari data yang kita dapatkan, 20 orang tersebut diantaranya 19 orang TKI, sayu orang tekong," ungkap Kapolres.

Dari korban tersebut, 10 orang berhasil diselamatkan oleh nelayan yang berada di perairan Desa Kadur, dengan rincian tujuh orang berjenis kelamin laki-laki dan tiga perempuan.

"Sembilan orang penumpang saat ini masih dalam pencarian," kata Sigit.

Sabarius salah seorang nelayan yang berhasil menyelamatkan 10 orang penumpang mengaku sedang menjaring ikan di perairan pasir putih dan melihat jaket pelampung mengambang di perairan.

"Waktu itu saya melihat pelampung mengambang di perairan dan ternyata manusia dalam kondisi pingsan, selanjutnya menolong korban," kata Sabarius.

Setelah siuman ia menanyakan kepada salah seorang korban yang selamat jumlah penumpang kapal yang di ketahui sebanyak 20 orang.

"10 orang yang selamat saat ini dievakuasi ke rumah salah satu warga di Desa Kador Kecamatan Rupat Utara," ungkapnya.