IMAA siap gelar IMAC 2020 tingkat internasional di Riau

id IMAA, IMAC

IMAA siap gelar IMAC 2020 tingkat internasional di Riau

Peluncuran IMAC 2020 di Pekanbaru, Sabtu (18/1). (ANTARA/Fuji)

Pekanbaru (ANTARA) - Indonesia Marching Arts Associations (IMAA) meluncurkan pembukaan acara Indonesia Marching Arts Championship (IMAC) 2020 tingkat internasional di Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu malam (18/1).

Presiden IMAA Indra Feri mengatakan pada tahun ketiga kejuaraan ini, IMAC 2020 tingkat internasional merupakan kejuaraan terbesar se-Asia Tenggara, Asia Barat, hingga Asia Tengah, dengan estimasi 10 negara, 40 tim, dan beragam mata lomba yang akan dipertandingkan,” ujar Indra Feri kepada Antara.

Indra Feri menjelaskan rangkaian kegiatan IMAC 2020 yang sudah dilakukan yaitu Launching dan Gala Dinner yang diadakan pada 18 Januari 2020, dilanjutkan dengan rangkaian temu teknik.

Kejuaraan sendiri dilakukan pada 25-27 September 2020 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai.

Rangkaian kegiatan IMAC 2020 sendiri sudah dipersiapkan sejak November 2019 silam. Nantinya seluruh peserta yang akan bertanding akan memperebutkan piala bergilir dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI dan IMAA, serta total hadiah mencapai Rp1,5 miliar.

“Kita sudah menyiapkan hadiah dengan total Rp1,5 miliar. Tetapi fokus kita bukan itu, melainkan untuk menjalin persahabatan serta menjadikan IMAC 2020 sebagai wadah edukasi, hiburan, dan wisata di Indonesia khususnya di Riau,” tambahnya.

Melalui kejuaraan ini diharapkan Riau dapat menjadi gerbang masuk pertukaran budaya, serta objek promosi wisata di Indonesia.

Project Manager IMAC 2020 Dian Permanasari, dalam sambutannya berharap seluruh peserta yang akan bertanding mampu membawa keunikan daerah masing-masing dengan kolaborasi alat musik dan seni budaya setiap daerah.

Meskipun belum menyebarkan undangan peserta secara resmi, namun sudah ada beberapa provinsi di Indonesia yang turut dalam kejuaraan ini di antaranya DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat. Lalu masih ada dua provinsi lagi yang statusnya menunggu konfirmasi.

Sedangkan untuk perwakilan dari luar negeri, sudah ada beberapa negara yang siap mengirimkan pesertanya, yaitu Filipina, Korea Selatan, Polandia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Maladewa, Sri Lanka, dan Meksiko.

"Ada beberapa negara yang sudah konfirmasi akan mengirimkan delegasinya, untuk jumlah seluruh peserta kejuaraan ini akan kita ketahui nanti ketika technical meeting Agustus mendatang. Seluruh peserta sudah mempersiapkan delegasinya, termasuk dari peserta yang berasal dari Indonesia," jelas Indra.

Beberapa presiden asosiasi marching band dari beberapa negara yang mengikuti Launching dan Gala Dinner IMAC 2020 mengatakan siap untuk mengirimkan delegasi terbaik mereka dalam kejuaraan bergengsi yang akan dilaksanakan pada September 2020 itu.

Dengan dukungan penuh dari Pemprov Riau, LanudRoesmin Nurjadin, dan pihak sponsor, IMAA optimistis untuk melangsungkan kejuaraan ini dengan lancar dan sukses.

Indra Feri berharap semoga Indonesia khususnya Riau yang menjadi tuan rumah dalam kejuaraan bergengsi ini tetap kondusif demi kelancaran IMAC.

\