Ruas jalan tol Palembang-Bakauheni sepenuhnya operasional mulai Februari 2020

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,tol

Ruas jalan tol Palembang-Bakauheni sepenuhnya operasional mulai Februari 2020

Sejumlah kendaraan melintasi ruas jalan tol Palembang - Kayu Agung, Sumsel, Sabtu (21/12/2019). Selama musim libur per tanggal 21 Desember 2019 Hingga 5 Januari 2020 Tol Palembang Kayu Agung dibuka secara fungsional. (ANTARA FOTO/Feny Selly/nz)

Palembang (ANTARA) - Ruas tol Palembang-Kayuagung, Sumatera Selatan, akan operasional pada Februari 2020 setelah sebelumnya berstatus fungsional saat momen Natal dan Tahun Baru. Dengan demikian, ruas Palembang (Sumsel) - Bakauheni (Lampung) akan tersambung dengan jalan tol.

Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayuagung PT Waskita Sriwijaya Tol, Yusuf Ar Rosadi di Palembang, Jumat, mengatakan, ruas tol sepanjang 33,5 kilometer dari Palembang ke Kayu Agung saat ini masih penilaian uji laik operasional oleh Badan Pengelola Jalan Tol agar memenuhi syarat operasional.

Baca juga: Sebanyak 40.518 kendaraan lalui Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 selama libur Nataru

"Uji laik ini diperkirakan memakan waktu dua minggu," kata Yusuf.

Sementara ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah beroperasi penuh.

Ia mengatakan berdasar hasil evaluasi selama fungsional pada akhir tahun lalu diketahui trafik lalu lintas cukup tinggi 17.000 pengguna jalan tol per hari selama periode 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

"Pengendara yang melintas dominasi adalah kendaraan berplat BE, BG, dan B. Trafiknya cukup tinggi. Setelah fungsional selesai, tol kami tutup untuk penyempurnaan dan kesiapan operasional," ujar dia.

Ia mengatakan konstruksi ruas jalan tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera ini telah rampung 99 persen, karena hanya menyisakan pekerjaan penambahan pagar pembatas jalan yang diperkirakan selesai pada akhir Januari.

Pengelola tol juga telah memutuskan akan menggratiskan biaya hingga dua pekan setelah pengoperasian penuh pada awal Februari mendatang.

Keputusan ini, karena pengelola akan melakukan evaluasi selama dua pekan tersebut.

"Selain itu, kami juga masih mengerjakan akses Jakabaring-Jejawi, tapi pekerjaan ini tidak akan mengganggu operasional jalan tol tersebut,” kata dia.

Terkait sarana dan prasarana lainnya, ia mengatakan pengelola telah menyediakan pintu tol di kawasan Jakabaring, karena untuk pintu tol permanen masih ditutup karena pengerjaan Jembatan Ogan.

"Pintu tol permanen ini akan terhubung langsung dengan Jalan Lintas Timur Palembang-Indralaya. Tapi masih dalam tahap pengerjaan. Untuk sementara kita sudah siapkan pintu ke luar tol di Jakabaring,” kata dia.

Begitu juga dengan rest area, pengelola juga telah menyiapkan pada KM 345 yang saat ini masih dalam penyempurnaan.

Baca juga: Baru dibuka, ada 15.000 kendaraan lintasi Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: H-2 Natal, Tol Pekanbaru-Dumai dibuka sebagian. Begini penjelasannya


Pewarta : Dolly Rosana