34.296 Siswa Madrasah Riau Akan Ikuti UN

id 34296 siswa, madrasah riau, akan ikuti un

Pekanbaru,7/4 (ANTARA)- Sebanyak 34.296 siswa madrasah mulai tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah se-Riau akan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan mulai 18 April 2011 mendatang.

"Persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Sampai saat ini kita masih mempersiapkan siswa dengan gencar memberikan bimbingan pembelajaran khususnya yang akan diuji pada UN," ujar Kasi Supervisi Kanwil Kemenag Riau, Drs H Syaifunnajar di Pekanbaru, Kamis.

Madrasah Ibtidaiyah setingkat SD, Tsanawiyah (SMP) dan Aliyah (SMA).

Selain itu pihaknya terus mensosialisasikan sistem atau regulasi baru tentang penilaian UN tahun 2011.

Ia mengatakan, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah dan Madrasah,lanjutnya, ada beberapa perubahan yang terjadi pada UN tahun 2011 di antaranya terkait tidak adanya ujian ulangan atau yang selama ini dikenal dengan sistem ujian paket.

Kriteria kelulusan yang berbeda dibandingkan tahun 2010, tidak adanya tim pemantau independen, serta jadwal pelaksanaan ujian yang berbeda dari sebelumnya, katanya.

"Sosialisasi permasalahan UN ini sangat diperlukan. Apalagi UN tidak lagi seratus persen penentu kelulusan," jelas dia.

Ia menambahkan, menghadapai UN yang tinggal hitungan hari, baik siswa, guru maupun orang tua siswa hendaknya benar- benar fokus dan memperhatikan pelajaran dan kesehatan. Sehingga pada hari H nanti, semua siswa sudah siap secara matang untuk mengikuti pelaksanaan UN.