Pengurus Kampung KB Berkah Bersama Pekanbaru, dorong masyarakat agar gemar membaca

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Pengurus Kampung KB

Pengurus Kampung KB Berkah Bersama Pekanbaru, dorong masyarakat agar gemar membaca

Pengurus Pokja Bidang Pendidikan Kampung KB berkah bersama, terus menggiatkan kunjungan ke masyarakat dan membawa puluhan buku agar bisa dibaca oleh masyarakat. (Foto Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Pengurus Pokja Bidang Pendidikan, Kampung KB Berkah Bersama, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, menggiatkan aktivitas Perpustakaan keliling dengan cara para pengurus membawa 50 buku-buku pada tiap sosialisasi program KB ke masyarakat.

"Puluhan buku-buku yang dibawa oleh para pengurus Kampung KB Berkah Bersama tersebut, dipinjamkan pada masyarakat sebagai upaya meningkatkan wawasan anggota Kampung KB yang disediakan Perpustakaan Berkhah ilmu yang dilengkapi sebanyak 350 buah buku itu," kata Penyuluh KKBPK, Kota Pekanbaru, Sri Rezeki SI,ikom di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: Kades Resam Lapis, Bengkalis, berupaya sadarkan warganya ber-KB

Menurut Sri, sebanyak 350 buah buku-buku tersebut memuat informasi meliputi delapan fungsi keluarga sesuai program BKKBN yakni fungsi agama, fungsi budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan.

Seluruh infromasi yang mendukung program BKKBN terhadap delapan fungsi keluarga itu, dapat dipahami dan dikembangkan masyarakat melalui kunjungan perpustakaan "keliling" itu.

"Perpustakaan Berkhah ini, sekaligus menjadi sarana edukatif untuk membantu memperluas cakrawala warga, karena membaca adalah gudangnya ilmu sehingga minat warga perlu terus digugah untuk rajin membaca buku-buku.

Untuk meningkatkan minat membaca warga, kami dalam setiap kesempatan penyuluhan atau mensosialisasikan program KKBPK, maka pengurus juga membawa buku-buku minimal 50 buah untuk dibaca oleh masyarakat.

Sedangkan, ketersediaan buku-buku dipustaka yang telah dibangun pada 17 Desember 2019 dan diresmikan 31 Desember 2019 tersebut, selain dibantu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru, pengadaannya dalam bentuk "silang layang" sebanyak 100 buku, juga berasal dari sumbangan masyarakat.

Sejumlah buku-buku yang berasal dari sumbangan masyarakat antara lain dongeng anak-anak, buku cerita dora emon, buku-buku ekonomi, buku terkait hidayah, dan lainnya.

"Kedepan kita berharap kunjungan warga ke Perpustakaan ini makin meningkat, selain meningkatkan wawasan warga Kampung KB juga diharapkan anggota keluarga tergabung dalam binaan Kampung KB Berkah Bersama ini bisa mengalihkan perhatian anak-anak dan remaja terhadap gadget," katanya.**3**T.F011

Baca juga: Riau butuh 300 penyuluh KB

Baca juga: Tekan pernikahan dini, 23 Pengurus GenRe Siak dikukuhkan