MURI catatkan rekor kacamata terbesar gerhana matahari di Siak

id rekor kacamata, kampung bunsur, gmc siak, gmc

MURI catatkan rekor kacamata terbesar gerhana matahari di Siak

Kacamata gerhana matahari cincin raksasa di Siak yang pecahkan rekor MURI.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Festival Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, memecahkan rekor kacamata terbesar dunia yang dicatat langsung oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada hari berlangsungnya fenomena tersebut, Kamis (26/12).

"Saya mewakili Pak Jaya Suprana mengucapkan terimakasih, merupakan suatu kehormatan bagi kami hadir di sini untuk mencatat rekor yang luar biasa yakni kacamata gerhana terbesar," kata Manajer MURI, Ridho Al Amin di Kampung Bunsur.

Menurut dia sebelumnya kacamata terbesar pernah tercatat di Palembang saat iven Gerhana Matahari Total 2016 lalu. Ketika itu kacamatanya dengan ukuran panjang 990 centimeter dan lebar 60 cm.

Sementara itu berdasarkan hasil ukurannya pada Gerhana Matahari Cincin di Siak, pada kacamatanya mencapai panjang 14 meter, lebar 1,5 dan tinggi 2 meter. Ini katanya kacamata terbesar yang pernah MURI catat.

"Rekor diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Siak," ujarnya.

Kacamata raksasa tersebut dirangkai sendiri oleh pihak panitia di Siak. Untuk membuat hal tersebut dibutuhkan anggaran Rp75 juta.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri menyampaikan rasa terimakasihnya atas penghargaan tersebut. Sebagai umat yang beriman, dengan peristiwa ini adalah sarana bagi kita untuk bertafakkur atas betapa maha kuasanya Allah SWT yang menunjukan apa yang telah terjadi di langit Kabupaten Siak.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada LAPAN pengamatan GMC di Bungsur ini menggunakan kacamata berukuran besar, dan ini memecahkan rekor MURI Indonesia, sebagai kacamata terbesar se Indonesia bahkan Asia," tandasnya.

Dijelaskannya, kabupaten Siak merupakan daerah tujuan wisata yang maju di Pulau Sumatera. Momen Festival GMC merupakan bagian dari promosi pariwisata alam Kabupaten Siak.

Rangkaian acara GMC 2019, diawali sholat gerhana, dilanjut dengan pantauan GMC, serta penampilan artis ibu kota Nissa Sabyan. Pemantauan GMC di Bunsur ini diperkirakan juga yang paling teramai disaksikan lebih kurang 10 ribu orang.

Baca juga: Gerhana matahari cincin di Siak berlangsung dengan cuaca cerah

Baca juga: Harga parkir mobil Rp50 ribu saat gerhana matahari cincin di Siak, benarkah demikian?