Festival gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur Siak sudah dimulai,

id gmc, gmc siak, siak, gerhana matahari, gerhana matahari siak

Festival gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur Siak sudah dimulai,

Gerbang masuk lokasi pengamatan gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Festival Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, telah dimulai rangkaian acaranya di tempat yang menjadi lokasi terbaik pengamatan fenomena tersebut pada Kamis besok (26/12).

"Kegiatan di Kampung Bunsur telah dimulai dengan kegiatan workshop lubang jarum dan pemutaran film pada Selasa malam kemarin," kata Ketua Panitia GMC yang juga Kepala Dinas Pariwisata Siak, Fauzi Asni, Rabu.

Menurutnya saat ini juga masih digelar workshop lubang jarum dan hal-hal tentang astronomi lainnya di Kampung Bunsur. Selain itu pada Rabu malam (25/12) nanti acara juga ada di Kecamatan Siak yakni salawat bersama di Lapangan Siak Bermadah.

Terkait acara puncak pada Kamis besok (26/12) pihaknya juga sudah menyiapkan pemecahan Rekor kacamataterbesar untuk mengamati gerhana matahari cincin. Ini nantinya akan dicatat di Museum Rekor Indonesia.

"Itu kacamatanya sedang dibuat," imbuhnya.

Soal akan prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika yang menyampaikan akan hujan di Kabupaten Siak saat gerhana besok, Fauzi menyerahkan semuanya kepada alam. Pihaknya mengaku tidak bisa menghambat jika itu terjadi.

Pantauan di lokasi panggung untuk Artis Reliji, Nissa Sabyan yang turut memeriahkan acara ini juga sudah didirikan. Sejumlah pedagang juga sudah berjualan di lokasi Lapangan Bola Kampung Bunsur tersebut.

Lokasi pengamatan gerhana cincin ini juga berada di tepi Selat Padang yang merupakan pemisah antara Pulau Sumatera dan Pulau Padang. Di tengahnya bakal terlihat juga "Rig" pengeboran minyak lepas pantai Energi Mega Persada Malacca Strait.

Kampung Bunsur berdasarkan pengamatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) bersama Kota Singkawang ditetapkan sebagai lokasi terbaik pengamatan fenomena300 tahun sekali itu. Hal tersebut akan terjadi di sejumlah daerah di Indonesia dimulai sekitar sejak pukul 10.00 WIB dan di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca juga: 5 ribu pengunjung diperkirakan saksikan gerhana matahari cincin di Siak