Komisi I DPRD Bengkalis minta Disdukcapil tingkatkan pelayanan

id dprd bengkalis

Komisi I DPRD Bengkalis minta Disdukcapil tingkatkan pelayanan

Komisi I DPRD beberapa waktu yang lalu melakukan kunjungan ke UPT Disdukcapil Bengkalis yang ada di Kecamatan Mandau dan berharap agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Komisi I DPRD Bengkalis Riau minta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang ada di Kecamatan Mandau agar dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelayanan UPT DisdukcapilMandau kepada masyarakat perlu ditingkatkan, karena ia ada menerima laporan dari masyarakat yang mengeluhkan pelayanan yang kurang prima, " ujar Sekretaris Komisi I DPRD Bengkalis Nanang Haryanto, Senin (15/12/2019).

Dikatakannya, untuk pelayanan lebih prima perlu didukung dengan infrastruktur yang memadai dan juga hal yang sangat penting sekali memberantas calo yang selama ini menjadi persoalan yang sangat krusial di Disdukcapil.

"Komisi I beberapa waktu yabg lalu sudah melakukan kunjubgan ke UPT Disdukcapil Mandau, terkait pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama, kemudian terkait masalah calo dalam pembuatan KTP, Kartu Keluarga kita berharap sama-sama dapat diberantas," harap Nanang.

Wakil Ketua Komisi I H. Arianto menegaskan, jika UPT Disdukcap terjadi kekosongan pegawai-pegawai hendaknya di ambil alih atau di ganti secepatnya.

"Supaya pelayanan terakomodir dengan baik tanpa ada hambatan, apabila terjadi kekosongan pegawai di UPT Ini kita minta pengisian kekosongan tersebut pegawai dari dalam jangan dari luar karena sudah mengerti dan berpengalaman di bidangnya," tegasnya.

Kepala Disdukcapil Bengkalis Renaldi mengungkapkan bahwa Disdukcapil sudah berusaha berbagai langkah untuk meminimalisir percaloan.

"Kami sudah melakukan langkah untuk meminimalisir praktek percaloan, untuk antisipasi masyarakat diimbau untuk mengurus sendiri, jika ada kesalahan identitas seperti, nama, umur, dan alamat sebelum dicetak, bisa langsung diklarifikasi, itu keuntungan jika diurus sendiri," jelasnya.