Peringati 15 tahun tsunami Aceh lewat pameran foto "Tanah Retak"

id PFI Aceh,pewarta foto indonesia,PFI,pameran foto,pameran foto tanah retak aceh,15 tahun tsunami aceh

Peringati 15 tahun tsunami Aceh lewat pameran foto "Tanah Retak"

Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh menggelar pameran foto kebencanaan bertajuk "Tanah Retak" di lantai dua Museum Tsunami dalam rangka memperingati 15 Tahun tsunami Aceh.  (ANTARA/HO-PFI Aceh)

Pekanbaru (ANTARA) - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh menggelar pameran foto kebencanaan bertajuk "Tanah Retak" di lantai dua Museum Tsunami dalam rangka memperingati 15 Tahun tsunami Aceh.

Ketua PFI Aceh, Bedu Saini, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan PFI Aceh dalam rangka memperingati gempa dan tsunami Aceh 26 Desember. Total ada 61 foto yang ditampilkan pada pameran tersebut.

Kegiatan itu dilakukan atas kerjasama PFI Aceh dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), dengan mengangkat tema pameran foto ‘Tanah Retak’, yang berlangsung hari ini, Jumat 13 Desember hingga Minggu, 15 Desember 2019.

Menurut Bedu, tema "Tanah Retak", karena untuk mengingatkan bahwa Aceh salah satu daerah yang rawan akan bencana. Foto yang dipamerkan, juga terkait semangat kebangkitan warga Aceh pasca tsunami.

"Ini merupakan agenda tahunan PFI Aceh yang bekerjasama dengan BPBA, pameran ini juga mengingatkan kita untuk 'tidak lupa' dengan kejadian yang meluluhlantakkan Aceh, kini kita harus lebih bersiap diri untuk itu," kata Bedu Sainimelalui siaran pers kepada Antara di Pekanbaru.

Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi mendukung kegiatan pameran foto kebencanaan ini, dan berharap pameran ini sebagai bentuk sikap "melawan lupa" dari masyarakat Aceh terhadap bencana tsunami yang maha dahsyat 26 Desember 2004 silam.

"Daratan Aceh pernah bergetar kuat, meruntuhkan pondasi-pondasi di atasnya menghantarkan ombak gergasi yang merenggut nyawa ratusan ribu warga," ujar Sunawardi.

Peristiwa 15 tahun lalu itu, lanjut dia harus menjadi pelajaran berharga untuk menyadarkan bahwa daratan Aceh adalah, surga yang rawan bencana.

"Kini kita bangkit. Berdiri tegak menguatkan literasi dan mitigasi bencana kali ini kita lakukan dengan mengadakan pameran foto kebencanaan Tanah Retak temanya," ucapnya.

Baca juga: Jepret, inilah hasil foto Gubernur Riau Syamsuar ketika balik memotret fotografer Pekanbaru

Baca juga: Gubri buka pameran foto "Rekam Jejak Riau Bangun Negeri" sore ini, begini penjelasannya