PLN Regional Riau siagakan ratusan personel untuk Natal dan Tahun Baru 2020

id PLN Riau,natal,tahun baru 2020,berita riau antara,berita riau terbaru

PLN Regional Riau siagakan ratusan personel untuk Natal dan Tahun Baru 2020

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Daru Tri Tjahjono (dua kiri) memeriksa peralatan petugas untuk kesiapan jelang Natal dan Tahun Baru 2020, di Gardu Induk Pasir Putih, Riau, Jumat (13/12/2019). (ANTARA/HO-PLN UIWRKR)

Pekanbaru (ANTARA) - PT PLN (Persero) Regional Riau melakukan berbagai persiapan agar pasokan listrik untuk masyarakat aman jelang oerayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri), di antaranya dengan menyiagakan ratusan personel.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Daru Tri Tjahjono, pada gelar peralatan dan personel di Gardu Induk Pasir Putih, Kampar, Jumat, mengatakan ada 748 petugas pelayanan teknik yang akan berjaga penuh 24 jam, yaitu satu minggu menjelang Natal dan juga satu minggu setelah tahun baru.

Turut hadir pada acara tersebut PT PLN (Persero) Unit Induk P3BS, diwakili SRM Sistem Transmisi, Abdul Salam Nganro, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumbagteng, PT PLN (Persero) UIKSBU diwakili Manager UPDK pekanbaru Rahmad Dian Amir.

Daru menjelaskan ratusan personel tersebut ditempatkan di 98 posko yang juga terdiri atas 123 armada roda empat, 71 armada roda dua, dan 43 tim unit reaksi cepat (URC).

"Personel akan kami maksimalkan dalam mengamankan pasokan listrik. Saat ini pasokan listrik di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau berada dalam posisi kapasitas daya yang cukup dan aman," kata Daru.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik Provinsi Riau yang memiliki lebih dari 1.706.981 pelanggan dengan beban puncak sebesar 880 MVA, daya listrik disuplai dari Sistem Grid Sumatera melalui 17 Gardu Induk tersebar dengan kapasitas daya 1.480 MVA.

Sementara itu untuk keandalan pasokan listrik di Provinsi Kepulauan Riau, dengan jumlah pelanggan sebanyak lebih dari 260 ribu pelanggan dengan beban puncak sebesar 150 MVA, pasokan listrik dipasok melalui Sistem Isolated dan Sistem Interkoneksi Batam-Bintan dengan kapasitas daya 370 MVA, sehingga keandalan pasokan listrik baik di Provinsi Riau maupun Provinsi Kepulauan Riau menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam kondisi aman.

Selain itu, PLN juga telah melakukan langkah-langkah preventif upaya meminimalisir gangguan. Diantaranya melaksanakan gelar pasukan, pemeliharaan jaringan, kesiapan pembangkit, gardu induk dan transmisi serta jaringan distribusi .

"Banyak persiapan yang dilakukan untuk menjaga pasokan listrik aman, langkah-langkah preventif juga dipersiapkan untuk meminimalisir gangguan, seperti melakukan pemeliharaan jaringan. Harapannya Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan khidmat dan aktivitas masyarakat tidak terganggu," ujar Daru.

Baca juga: PLN buka pintu Waduk PLTA Koto Panjang akibat banjir Sumbar, begini penjelasannya

Baca juga: PLN teken kerja sama pengamanan objek vital dengan Polda Riau, begini penjelasannya